Kamis 06 Aug 2020 00:24 WIB

Unair Buka Jalur Mandiri Reguler dan Kemitraan

Jalur Mandiri Kemitraan yang baru pertama kali dibuka untuk menaikkan level Unair.

Universitas Airlangga menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK.
Foto: Istimewa
Universitas Airlangga menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Universitas Airlangga kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Di tengah masa pandemi saat ini, proses administrasi pendaftaran lebih banyak dilakukan secara daring.

Sebelumnya, penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 dari beberapa jalur sudah dilakukan di lingkungan Unair. Ada tiga jalur dalam menerima calon mahasiswa baru, yang pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan yang terakhir Jalur Mandiri yang sudah dibuka pendaftarannya.

Jalur SNMPTN dan UTBK-SBMPTN sudah dilaksanakan, dan untuk jalur UTBK-SBMPTN hanya tinggal menunggu pengumuman. Dari jalur yang tersedia untuk masuk menjadi mahasiswa Unair hanya tersisa jalur mandiri. Jalur mandiri Unair sudah bisa mulai 27 Juli sampai 8 Agustus 2020.

Untuk tahun ini Unair membuka dua jalur mandiri, Jalur Mandiri Reguler dan Jalur Mandiri Kemitraan. Jalur Mandiri Kemitraan merupakan jalur baru yang dibuka Unair di tahun 2020. Jalur Mandiri Reguler merupakan jalur mandiri seperti tahun-tahun sebelumnya di mana calon mahasiswa baru akan melakukan ujian tulis yang diadakan oleh pihak Unair.

Jalur Mandiri Kemitraan yang baru pertama kali dibuka oleh Unair salah satunya untuk menaikkan level Unair sebagai Kampus Merdeka yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Jalur Kemitraan merupakan upaya menjawab tantangan dari Kemdikbud tentang Kampus Merdeka, Kampus tidak hanya menjadi tempat belajar tapi juga praktik. Mitra inilah nantinya dapat menjadi tempat magang para mahasisw," kata Dr. Achmad Solihin selaku ketua PPMB Unair dalam rilisnya, Rabu (5/8).

Untuk masuk jalur mandiri kemitraan sendiri calon mahasiswa harus mengikuti beberapa syarat yang telah ditentukan seperti memiliki surat rekomendasi dari mitra UNAIR baik Perusahaan/Yayasan/Instansi, selain itu didukung sertifikat prestasi yang dimiliki, dan mekanisme penerimaannya melalui mendaftar online serta menggunakan nilai UTBK. 

"Jalur Mandiri Reguler adalah penerimaan mahasiswa baru dengan mekanisme seleksi menggunakan Tes Tulis, sedangkan Mandiri kemitraan adalah penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri dimana peserta diharuskan punya surat dukungan atau rekomendasi dari Mitra Unair serta mekanisme seleski menggunakan nilai UTBK," terang Dr. Achmad Solihin selaku ketua PPMB Unair.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar lewat jalur mandiri dipermudah dengan hanya mengakses lewat website yang sudah disediakan. "Calon peserta tinggal membuat akun melalui pendaftaran.unair.ac.id lalu tinggal mengikuti alur yang tertera di website" ujar Dr. Achmad Solihin selaku ketua PPMB Unair.

Pendaftaran Jalur Mandiri Unair dimulai dari 27 Juli hingga 8 Agustus 2020, serta ujian dilaksanakan pada 15-16 Agustus yang dilakukan secara online. Pengumuman Jalur Mandiri sendiri pada 21 Agustus 2020 dan daya tampung jalur mandiri Unair 2.484 mahasiswa dan terdiri 44 program studi.

Achmad Solihin selaku ketua PPMB Unair berpesan untuk para calon mahasiswa baru jalur mandiri nanti dapat bersaing dan menjadi Ksatria Airalngga Terbaik setelah menjadi resmi menjadi Mahasiswa Unair.

"Universitas Airlangga merupakan Perguruan tinggi berdasarkan QS WUR berada pada peringkat 521 -530 Dunia. Oleh karena itu untuk para peserta jalur mandiri Unair untuk bisa menjadi yang terbaik dan Menjadi Ksatria Airlangga Terbaik nantinya" tutupnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement