Rabu 05 Aug 2020 19:40 WIB

Adu Cepat 4 SUV dari Merek Sport Car

Merek yang terkenal dengan mobil sport kini pun menjajal segmen pasar SUV.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Lamborghini Urus
Lamborghini Urus

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Saat ini, pasar sport utility vehicle (SUV) sedang menjadi pasar yang menjanjikan. Tak heran, sejumlah brand papan atas pun tertarik untuk terjun dalam pasar itu.

Hasilnya, kini konsumen pun disajikan dengan beberapa SUV buas. Hal ini pun kemudian memantik Car Wow untuk menguji empat SUV tercepat. Dilansir dari Car Advice pada Rabu (5/8), SUV yang diuji dalam sesi drag race itu adalah Lamborghini Urus, Porsche Cayenne Turbo S, Bentley Bentayga dan Audi RSQ8.

Baca Juga

Dilihat dari barisan itu, tentu ini jadi sebuah mengujian yang menarik. Mengingat, seluruh jenama itu juga dikenal mampu menghadirkan mobil buas dalam format sports car atau sedan.

Lamborghini Urus merupakan SUV 4 liter V8 twin turbo. Mobil dengan desain serba meruncing ini diklaim mampu mencatat akselerasi 0 hingga 100 kilometer/jam dalam 3,6 detik dengan topspeed 305 kilometer/jam.

Kemudian, Porsche Cayenne Turbo S merupakan mobil yang dibekali dengan mesin berkapasitas sama seperti Urus. Hanya saja, mobil ini dilengkapi dengan electric motor 100 kW. Meskipun, catatan akselerasi 0 hingga 100 kilometer/jam menyentuh 3,8 detik dan topspeed sekitar 295 kilometer/jam.

Nah, mesin dengan kapasitas terbesar dimiliki oleh Bentley Bentayga. Karena, mobil dengan desain yang sedikit lebih boxy ini dibekali dengan mesin 6 liter twin turbo W12.

Tapi ternyata, catatan akselerasinya menunjukan bahwa mobil ini melaju dari 0 hingga 100 kilometer/jam dalam 3,9 detik dengan topspeed yang sedikit lebih unggul dibanding Urus yakni 306 kilometer/jam.

Selanjutnya, Audi RSQ8 merupakan SUV dengan mesin 4 liter V8 dengan catatan akselerasi 0 hingga 100 kilometer/jam dalam 3,8 detik dan topspeed 305 kilometer/jam.

Saat diuji dalam drag race, terbukti bahwa Urus menempati posisi pertama. Setelah Urus, Porsche Cayenne Turbo S berhasil menempati posisi kedua. Sedangkan Bentley Bentayga ternyata berada pada posisi terakhir dan tak mampu menyamai kedudukan Audi RSQ8.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement