Rabu 05 Aug 2020 19:19 WIB

Mourinho Puji Casillas Kiper Terbesar dalam Sejarah Spanyol

Casillas yang memutuskan pensiun sebagai pemain.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Mantan kiper Real Madrid Iker Casillas
Foto: PA-EFE/Peter Powell
Mantan kiper Real Madrid Iker Casillas

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Jose Mourinho memberikan penghormatan kepada Iker Casillas yang memutuskan pensiun sebagai pemain. Casillas sudah tak pernah lagi tampil dalam laga kompetitif sejak terkena serangan jantung, tahun lalu.

Pada masa lalu, publik mengingat perselisihan Mourinho dengan Casillas di Real Madrid. Casillas yang biasanya menjadi pilihan pertama tergusur posisinya pada musim terakhir Mourinho melatih. Perselisihan internal menyeruak ke publik. Namun Mourinho meminta semua pihak melupakannya.

Baca Juga

Manajer Tottenham itu menganggap Casillas seorang kiper dan pria yang hebat. Bahkan, Mourinho menyebut Casillas sebagai kiper terbesar dalam sejarah Real Madrid dan Spanyol, hingga sepak bola dunia. 

Mourinho mengaku punya hubungan pertemanan yang baik dengan mantan penjaga gawang nomor satu Spanyol itu. "Kecerdasan dan kedewasaannya membuat kami saling menghormati satu sama lain, dan beberapa tahun kemudian, kami bahkan bisa jadi teman baik," kata Mourinho, dikutip dari AS, Rabu (5/8).

Bersama Casillas, lanjut Mou, ia telah memenangkan liga dan memecahkan banyak rekor. Kemudian, ia mengalami masa-masa sulit karena keputusan yang diambilnya, khususnya saat menggantikan Casillas dengan kiper lain. Namun, Mourinho menyatakan kalau keputusan itu semata-mata atas dasar profesionalisme, dan tak ada hubungannya dengan masalah personal. 

"Semua orang tahu, momen saat saya memutuskan untuk mengeluarkannya dari tim, ada konfrontasi yang jelas. Saya tidak ingin mengatakan itu pertarungan ego, tapi konfrontasi antara kapten Real Madrid dan manajer Real Madrid," kata Mourinho.

Sementara Casillas belakangan juga menyampaikan hal-hal baik tentang Mourinho. Pada November lalu, ia memuji pengaruh Mourinho membuat Tottenham Hotspur bisa bangkit menaklukkan Olympiakos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement