Kamis 06 Aug 2020 04:43 WIB

Infografis Aturan Anak Bermain Saat Pandemi

Ajarkan anak menjaga jarak saat bermain bersama.

Foto: Republika
Anak bermain saat pandemi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, Berdiam diri di rumah tanpa ada kesempatan untuk bercengkrama dan bermain dengan teman-teman dapat membuat anak merasa bosan di tengah pandemi. Orang tua bisa bersikap bijak saat anak ingin bermain.

Psikolog Ajeng Raviando mengatakan, orang tua bisa memberikan sedikit keleluasaan bila anak ingin bersosialisasi dengan teman sebaya. Khususnya bila mereka sudah bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jika anak ingin bertemu teman-teman, pastikan semua mengenakan alat pelindung seperti masker dan pelindung wajah untuk menekan risiko penyebaran virus. Ajari anak untuk selalu menjaga jarak dengan teman-temannya meski mereka bermain bersama.

Cara lain yang bisa diterapkan adalah mengundang teman-teman anak ke rumah. Batasi jumlahnya. Terapkan protokol kesehatan secara tegas.

 

Bermain bantu anak terus asah kemampuan bersosialisasi di tengah masa adaptasi kebiasaan baru. Dokter spesialis anak Ahmad Suryawan menambahkan, berkomunikasi dengan teman sebaya bukan sekadar keinginan, melainkan kebutuhan untuk perkembangan otak anak.

Tugas orang tua adalah bersikap lebih fleksibel, tapi tidak boleh lengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement