Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Makanan Berkalori Tinggi yang Ternyata Menyehatkan

Rabu 05 Aug 2020 17:31 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Biji chia.

Biji chia.

Foto: Pixabay
Biji chia tinggi kandungan agen antioksidan dan antiinflamasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Makanan berkalori tinggi kerap dicap sebagai makanan tidak sehat. Pendapat ini ternyata tidak sepenuhnya benar.

Kalori pada dasarnya merupakan satuan unit untuk energi yang bisa ditemukan pada berbagai tipe makanan. Jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang dalam satu hari akan berbeda-beda karena bergantung pada berbagai faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan massa otot tanpa lemak.

Asupan kalori yang melebihi kebutuhan tubuh dalam jangka panjang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kegemukan atau obesitas nantinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Meski begitu, makanan berkalori tinggi belum tentu buruk bagi kesehatan. Beberapa makanan yang tinggi kalori ternyata dapat memberi manfaat bagi kesehatan, bahkan bisa dikonsumsi meski sedang berupaya menurunkan berat badan.

Yang terpenting adalah makanan-makanan berkalori tinggi ini dikonsumsi secukupnya, atau tidak secara berlebihan. Berikut ini adalah lima makanan berkalori tinggi yang memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti dilansir di Times of India.

1. Selai kacang

Selai kacang dikenal memiliki kalori tinggi. Satu sendok makan selai kacang mengandung sekitar 100 kalori, setara dengan kalori dalam mentega tawar. Pada saat bersamaan, selai kacang juga kaya akan protein, serat, lemak sehat, dan fitonutrien.

2. Biji chia

Satu sendok makan biji chia mengandung sekitar 70 kalori. Biji chia dianggap sebagai salah satu makanan paling menyehatkan karena tinggi akan serat, omega-3, protein, dan zinc. Selain itu, biji chia juga tinggi akan kandungan agen antioksidan dan antiinflamasi.

3. Quinoa

Quinoa merupakan salah satu makanan yang populer saat berdiet untuk menurunkan berat badan. Satu cangkir atau sekitar 185 gram quinoa masak mengandung 222 kalori. Makanan berkalori padat ini kaya akan protein, serat, zat besi, zat tembaga, tiamin, dan vitamin B6.

4. Minyak zaitun

Satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 120 kalori dan 14 gram lemak. Di sisi lain, minyak zaitun kaya akan omega-6, omega-3, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan-kandungan ini baik bagi fungsi otak dan dapat membantu mengelola berat badan yang sehat.

5. Trail mix

Trail mix atau campuran berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan 462 kalori per 100 gram. Akan tetapi, makanan ini dikenal sebagai opsi camilan yang sehat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA