Rabu 05 Aug 2020 13:41 WIB

Perusahaan Pendingin Ini Pastikan Jamaah Haji Tetap Sejuk

Perusahaan Pendingin Ini Pastikan Jamaah Haji Tetap Sejuk

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Perusahaan Pendingin Ini Pastikan Jamaah Haji Tetap Sejuk. Foto: Sejumlah jamaah haji bertawaf mengelilingi Ka
Foto: AP
Perusahaan Pendingin Ini Pastikan Jamaah Haji Tetap Sejuk. Foto: Sejumlah jamaah haji bertawaf mengelilingi Ka

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Perusahaan HVAC, Al-Salem Johnson Controls (YORK), yang mengoperasikan stasiun pendingin Ajyad, dan Al-Shamiya memastikan bahwa jamaah haji tahun ini dalam suasana yang sejuk, dan menyenangkan. Stasiun pendingin tersebut terletak di Masjidil Haram, Makkah.

"YORK dengan bangga melayani para tamu Allah di Makkah Al-Mukarramah dengan menemani para jamaah haji dalam ritual haji mereka dan memberikan suasana yang segar dan sejuk sepanjang perjalanan haji mereka, terutama di Masjid Agung Makkah," sebut perusahaan itu, dilansir dari laman Arab News, Rabu (5/8).

Baca Juga

Menurut YORK, total kapasitas pendinginan dari dua pabrik pendingin yakni 159 ribu ton. Itu setara dengan pendinginan yang diperlukan untuk 15 ribu apartemen berukuran sedang.

Pendingin YORK memompa air dingin ke lebih dari 1.000 unit penanganan udara buatan Saudi (AHU) yang terletak di dalam Masjidil Haram. Lalu mendistribusikan 100 persen udara segar, dan dingin yang mencapai setiap sudut Al-Haram.

Teknologi terbaru pendingin dan sistem filtrasi AHU yang efisien membantu menjaga suhu, dan tingkat kelembaban. Hal ini diperlukan untuk memastikan suasana nyaman bagi para jamaah.

Kapasitas pendinginan diatur oleh jumlah orang dan jamaah di dalam Masjid al-Haram. Untuk itu karena berkurangnya jumlah jamaah tahun ini, total kapasitas pendinginan berkurang menjadi hampir 80 ribu ton atau setara dengan pendinginan 8.000 apartemen menengah. Ini yang disediakan melalui 63 pendingin YORK yang terletak di dalam pabrik pendingin Ajyad dan Al-Shamiyah.

Perusahaan telah merancang sistem ventilasi, pendingin udara dan pendingin yang efisien dan cerdas untuk Al-Haram. Kemudian juga dengan mempertimbangkan sifat padatnya lokasi, serta kemampuan stasiun pendingin untuk beradaptasi dengan proyek perluasan Masjidil Haram yang sedang berlangsung.

Pabrik Al-Shamiyah merupakan salah satu dari dua pabrik pendingin terbesar di dunia dari jenisnya. Ini  mengandung 24 pendingin sentrifugal OM YORK.  Pendingin telah disesuaikan dan direkayasa terutama untuk memenuhi persyaratan Masjid Agung. Desain industrinya yang khusus membantu dalam operasi jangka panjang dengan efisiensi tinggi, sementara teknologi Variabel-Speed Drive (VSD) berkontribusi dalam mengurangi konsumsi energi tahunan sekitar 30 persen, selain mengurangi jumlah suara.

Pendingin ini menampilkan kontrol cerdas, yang memungkinkan pendingin untuk memperkirakan tingkat kemacetan di dalam Al-Haram dengan menghitung perbedaan antara suhu air yang dipompa ke dan dari masjid. Untuk itu, chiller meningkatkan atau mengurangi kapasitas pendinginan sebanding dengan ukuran orang banyak di dalam masjid. Pabrik ini menawarkan solusi pendinginan berkelanjutan, karena pendinginnya menggunakan sistem air dingin dengan pendingin ramah lingkungan.

Terdapat lebih dari 100 teknisi operasi dan pemeliharaan ditempatkan sepanjang waktu di dalam Masjidil Haram untuk memastikan operasi, yang efisien dari stasiun pendingin dan penanganan cepat dari setiap insiden yang tidak diinginkan. Perusahaan juga mendedikasikan tim respon tambahan selama haji untuk dengan cepat menanggapi setiap permintaan perawatan atau situasi darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement