Rabu 05 Aug 2020 02:25 WIB

Vettel Salahkan Mobilnya yang Sulit Dikendarai

Mengawali lomba dari posisi kesepuluh, Vettel tidak mampu finis di tempat lebih baik.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.
Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pembalap Ferrari Sebastian Vettel mengaku belum bisa menemukan solusi terkait serangkaian permasalahan teknis yang dialami mobil SF1000 yang dikendarainya. Kendala tersebut membuat peraih empat gelar juara Formula Satu (F1) hanya mampu finis di posisi ke-10 pada GP Inggris, akhir pekan lalu. 

"Hasil di balapan benar-benar mengecewakan, tapi memang mobilnya sangat sulit untuk dikendarai. Saya sulit menemukan kepercayaan diri," kata Vettel seperti dilansir Crash, Selasa (4/8).

Baca Juga

Mengawali lomba dari posisi kesepuluh, Vettel tidak mampu bersaing agar bisa memperbaiki posisinya. Hasil buruk ini tidak terlepas dari berbagai kendala teknis yang dihadapi Vettel dari sesi latihan bebas. SF1000 yang dikendarai Vettel mengalami masalah pada sistem pendingin. Kemudian, muncul kendala pedal pada sesi kualifikasi. Hal ini membuat Vettel mengawali lomba dari posisi kesepuluh. Eks pembalap Red Bull itu pun mengakui, semua kendala teknis ini belum teratasi pada sesi balapan.

"Ini bukanlah balapan yang begitu sulit, tapi saya tidak punya peluang untuk bisa tampil kompetitif. Pembalap lain begitu mudah melewati saya, sementara saya tidak bisa mencoba menyalip. Kondisi mobilnya membuat saya tidak bisa melakukan hal tersebut," ujar Vettel.

Di sisi lain, rekan setim Vettel, Charles Leclerc, justru tampil cukup apik. Mengawali lomba dari posisi keempat, Leclerc berhasil finis di peringkat ketiga. Ini menjadi podium kedua pembalap asal Monako itu di pentas F1 musim ini. 

Vettel menilai, secara garis besar dan di atas kertas tidak ada perbedaan antara mobil miliknya dengan yang dikendarai Leclerc. Sehingga, masalahnya bukan terletak pada pengaturan mobil dan kemampuan balap. Sebelum tampil di GP Inggris pada musim ini, Vettel sempat dua kali menjadi juara tercepat di Sirkuit Silverstone.

"Masalahnya adalah secara keseluruhan, catatan waktu kami begitu buruk. Jadi, kami masih harus melihat apa yang terjadi," kata Vettel.

Vettel masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki performa di Sirkuit Silverstone, tepatnya saat F1 menggalar seri kelima, akhir pekan depan. Rencananya, seri kelima F1 musim ini akan digelar di Sirkuit Silverstone dengan tajuk 70th Anniversary Grand Prix.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement