Rabu 05 Aug 2020 00:34 WIB

Ledakan Dahsyat Mengguncang Beirut

Bola api dan asap tebal membumbung di atas langit Beirut.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Ledakan hebat mengguncang Beirut, Lebanon, Selasa (5/8).
Foto: AP/Hassan Ammar
Ledakan hebat mengguncang Beirut, Lebanon, Selasa (5/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Sebuah ledakan besar mengguncang pusat kota Beirut pada Selasa (4/8) waktu setempat. Saksi mata Reuters mengatakan ledakan terjadi di pelabuhan dan telah melukai banyak orang akibat terkena kaca pecah dan balkon runtuh karena benturan dari ledakan itu.

Kantor berita pemerintah Lebanon NNA dan dua sumber keamanan mengatakan ledakan itu terjadi di daerah pelabuhan di mana ada gudang yang menampung bahan peledak. Namun demikian, belum jelas apa yang menyebabkan ledakan atau jenis bahan peledak di gudang.

"Saya melihat bola api dan asap mengepul di atas Beirut. Orang-orang berteriak dan berlari, ada yang berdarah. Balkon bangunan hancur.  Kaca di gedung-gedung tinggi hancur dan jatuh ke jalan," kata seorang saksi mata Reuters.

https://twitter.com/ncitayim/status/1290671767539908609

Penyiar lokal LBC mengutip menteri kesehatan yang mengatakan ada jumlah yang sangat tinggi dari orang yang cedera dan sejumlah besar kerusakan.  Televisi Al Mayadeen mengatakan ratusan orang terluka.

Seorang saksi mata lagi dari Reuters mengatakan dia melihat asap abu-abu tebal di dekat area pelabuhan dan kemudian mendengar ledakan dan melihat nyala api dan asap hitam.

"Semua jendela di pusat kota hancur dan ada orang yang terluka berjalan di sekitar. Ini kekacauan total," kata dia.

Hingga berita ini dibuat, belum jelas penyebab ledakan besar dan berapa jumlah korban luka dan apakah ada korban tewas atau tidak.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement