Selasa 04 Aug 2020 18:07 WIB

Man City Vs Madrid, Adu Taktik Zidane Kontra Guardiola (1)

Madrid menghadapi City pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pelatih Manchester City Pep Guardiola (kiri) dan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane akan kembali beradu taktik pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Sabtu (8/8) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/JUANJO MARTIN
Pelatih Manchester City Pep Guardiola (kiri) dan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane akan kembali beradu taktik pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Sabtu (8/8) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Zinedine Zidane dan Pep Guardiola adalah dua pelatih top saat ini yang mendapatkan banyak sorotan atas kemampuannya mengelola tim. Dua orang ini akan saling beradu taktik saat Real Madrid menghadapi Manchester City pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, di Stadion Etihad, Sabtu (8/8) dini hari WIB.

Tugas Zidane pada laga ini lebih berat karena harus membalikkan skor atas kekalahan Real Madrid 2-1 pada leg pertama. Sedangkan City hanya butuh imbang untuk memastikan lolos ke babak perempat final. Kalah dengan skor 0-1 juga tak menahan langkah City ke delapan besar. Sebab the Citizens akan unggul lewat aturan gol tandang.

Baca Juga

Dilansir dari Marca, Selasa (4/8), Guardiola mulai mendapatkan sorotan ketika menjadi pelatih Barcelona. Ia mempersembahkan 14 gelar dalam 247 pertandingan. Pencapaian yang dipandang sulit disamakan oleh pelatih lain saat itu.

Namun anggapan itu sepertinya sebentar lagi akan diruntuhkan Zidane. Pelatih asal Prancis tersebut dalam raihan trofi per pertandingan lebih baik dibandingkan Guardiola. Perbandingannya adalah Zidane dapat meraih satu trofi setiap 19 pertandingan sedangkan Guardiola meraihnya setiap 22 pertandingan.

Tetapi Guardiola lebih unggul daripada Zidane ketika menjalani masa terbaiknya bersama Barcelona yaitu meraih satu gelar dalam 18 pertandingan. Jelang bentrok, keduanya pun memiliki beberapa senjata yang sudah diketahui banyak orang.

Zidane mampu menjadikan Madrid pemegang rekor pertahanan terbaik di lima liga top Eropa musim ini. Guardiola membuat City memiliki serangan terbaik dengan mencetak 102 gol musim ini. Keduanya sama-sama menyukai tipe permainan menyerang dan menciptakan pertahanan yang kokoh.

Madrid musim ini berhasil mencetak gol rata-rata 2,4 go per pertandingan tak jauh berbeda dengan City yaitu 2,58 gol per pertandingan. Namun Guardiola lebih unggul dalam persentase kemenangan yaitu meraih 73,8 persen kemenangan dari 638 laga. Guardiola hanya kalah 74 kali.

Kendati demikian, Zidane hanya tertinggal sedikit dari Guardiola. Rata-rata kemenangan yang diraih Zidane adalah 67,14 persen dari 201 pertandingan dengan 26 kali kekalahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement