Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

BUMD MUJ Grup Donasikan Bantuan 20 Ekor Sapi Qurban

Selasa 04 Aug 2020 15:51 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

PT Migas Hulu Jabar (MUJ) Grup memaknai Idul Adha 1441 Hijriah dengan memberikan bantuan 20 ekor sapi kurban yang bisa diterima kepada penerima manfaat di beberapa wilayah Jawa Barat.

PT Migas Hulu Jabar (MUJ) Grup memaknai Idul Adha 1441 Hijriah dengan memberikan bantuan 20 ekor sapi kurban yang bisa diterima kepada penerima manfaat di beberapa wilayah Jawa Barat.

Foto: dok MUJ Group.
Kegiatan berqurban sudah dilakukan secara konsisten setiap tahunnya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--PT Migas Hulu Jabar (MUJ) Grup memaknai Idul Adha 1441 Hijriah dengan memberikan bantuan 20 ekor sapi qurban yang bisa diterima kepada penerima manfaat di beberapa wilayah Jawa Barat.  Penyaluran hewan qurban tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dengan beberapa anak perusahaannya (MUJ ONWJ, dan ENM).  

Secara simbol dua ekor sapi diserahkan Direktur Utama MUJ Begin Troys dan Komisaris Utama MUJ Faisal Rahadian kepada Kepala Desa Mekarmukti Andriawan di Lapangan Kantor Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB).  Kemudian sapi langsung dilakukan penyembelihan disaksikan tokoh masyarakat setempat dan perwakilan warga. 

Menurut Direktur Utama MUJ, Begin Troys, kurban ini merupakan kegiatan konsisten yang dilakukan setiap tahunnya, MUJ sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat selalu berupaya memaknai Hari Raya Idul Adha dengan turut melakukan aktivitas berqurban dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan terutama di masa pandemi ini. 

Begin mengatakan, kegiatan qurban sebagai rasa syukur atas pencapaian perusahaan yang saat ini sudah mengalami keuntungan perusahaan sejak berdiri tahun 2014 lalu.  “Alhamdulilah MUJ Grup pada Idul Adha tahun ini dapat menyalurkan hewan qurban sebanyak 20 ekor sapi, yang sudah sebagian besar disalurkan ke beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Ini tentu sesuai arahan Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil),” ujar Begin dalam keterangan resmi MUJ, Selasa (4/8).

Begin menjelaskan, hewan qurban sapi ini mulai didistribusikan sejak Jumat 31 Juli 2020, penerima manfaat hewan qurban tersebar di 14 daerah yakni Kabupaten Bandung Barat (3) ekor sapi, Karawang (1), Kabupaten Sumedang (2), Kabupaten Cianjur (1), Kabupaten Sukabumi (1), Kota Bekasi (1), Kabupaten Bekasi (1), Kabupaten Majalengka (1), Kabupaten Garut (1), Kota Bandung (2), Kota Depok (1), Kabupaten Indramayu (1), Kabupaten Subang (1), dan Kabupaten Karawang (1). 

Begin berharap, penyaluran hewan qurban ini bisa bermanfaat bagi masyarakat langsung. MUJ dalam momentum baik ini ingin menyebarkan kebaikan kepada masyarakat, terutama dalam menghadapi masa sulit seperti pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung dimana saat ini tengah dalam fase kehidupan dengan kenormalan baru.  “Mudah-mudahan qurban ini bisa bermanfaat buat masyarakat dan semoga ke depannya perusahaan ini juga bisa lebih baik lagi,” kata Begin. 

Sementara menurut Kepala Desa Mekarmukti Andriawan, atas nama masyarakat Mekarmukti, ia mengucapkan terima kasih atas amanah dua ekor sapi yang diberikan untuk dilakukan penyembelihan. Bantuan dari MUJ ini, tentu akan disampaikan kepada penerima manfaat langsung.   

“Idul adha ini kami pemerintahan desa bekerja sama dengan MUJ telah melaksanakan pemotongan qurban. Tentu amanah ini akan kami distribusikan kepada seluruh masyarakat desa setempat,” kata Andriawan. 

Perlu diketahui, MUJ merupakan perseroan daerah yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. MUJ menjadi pionir dalam implementasi pengalihan Partisipasi Interest (PI) 10 persen bagi BUMD daerah penghasil migas, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No.37 Tahun 2016. Sebagai Holding MUJ memiliki anak perusahaan untuk pengembangan bisnisnya yakni MUJ ONWJ, ENM, dan KSO MUJ-PBE sebagai unit usaha. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA