Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

PBB Rekomendasikan Buka Lagi Sekolah dengan Protokol Covid

Selasa 04 Aug 2020 15:15 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Ilustrasi. sekolah di Amerika. PBB merekomedasikan buka kembali sekolah dengan protokol kesehatan.

Ilustrasi. sekolah di Amerika. PBB merekomedasikan buka kembali sekolah dengan protokol kesehatan.

Foto: Flickr
PBB merekomedasikan buka kembali sekolah dengan protokol kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan dunia menghadapi "bencana generasi" karena penutupan sekolah di tengah pandemi virus corona. Menurutnya pembukaan kembali sekolah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan harus menjadi prioritas utama.

Guterres mengatakan pada pertengahan Juli sekitar 160 negara telah menutup sekolah dan mempengaruhi lebih dari 1 miliar siswa. Sementara 40 juta anak-anak lainnya telah putus sekolah.

"Sekarang kita menghadapi bencana generasi yang dapat menyia-nyiakan potensi manusia, melemahkan kemajuan selama beberapa dekade, dan memperburuk ketidaksetaraan yang mengakar," kata Gutteres.

Gutteres meluncurkan kampanye Save our Future. PBB merekomendasikan pembukaan kembali sekolah harus menjadi prioritas utama, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Rekomendasi PBB ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk kembali membuka sekolah pada musim gugur.

“Setelah transmisi Covid-19 lokal terkendali, membuat siswa kembali ke sekolah dan lembaga pembelajaran seaman mungkin harus menjadi prioritas utama,” kata Gutteres.

Pemerintah AS bersikukuh untuk membuka kembali sekolah meski mendapatkan kritik dan protes dari ribuan guru. Mereka menilai kebijakan pembukaan kembali sekolah tidak tepat karena kasus infeksi virus corona di AS masih melonjak tajam.

Sebelumnya, Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) akan mengeluarkan pedoman baru tentang pembukaan kembali sekolah. Pedoman CDC menyarankan siswa dan staf sekolah memakai masker.

CDC juga menyarankan sekolah harus membuat jadwal masuk siswa dan pengaturan tempat duduk untuk menjaga jarak. Sekolah juga diminta menutup ruang-ruang yang biasanya dipakai siswa untuk berkumpul, misalnya kantin.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA