Selasa 04 Aug 2020 13:16 WIB

Ini Starting XI 'Gratisan' yang Diisi Pemain Top Eropa

Mereka bisa dibentuk menjadi satu kesebelasan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Edison Cavani jalani latihan jelang laga Liga Champions tengah pekan ini.
Foto: EPA-EFE/JULIEN DE ROSA
Edison Cavani jalani latihan jelang laga Liga Champions tengah pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kontrak beberapa pemain bintang besar Eropa habis pada musim panas kali ini. Pemain-pemain besar tersebut berasal dari Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga, Serie A Italia, Ligue 1, dan Championship. Bahkan, saking banyaknya pemain bintang yang dilepas klub masing-masing secara gratis, bisa dibuat untuk satu tim.

Berikut daftar starting XI pemain bintang yang dilepas gratis oleh klub, dikutip dari Sky Sports, Selasa (4/8) :

 

Kiper:

1. Joe Hart

Hart harus berjuang keras bisa tampil di Liga Inggris, sejak Josep Guardiola melepas mantan kiper timnas Inggris tersebut. Diawali dengan dipinjam ke Torino dan West Ham, ia kemudian dibeli permanen oleh Burnley pada musim 2018/19. Kiper berusia 33 tahun itu tampil 19 kali untuk the Clarets di musim pertama, setelah Tom Heaton dan Nick Pope cedera. Namun musim ini ia tak dimainkan sama sekali.

 

Lini Pertahanan:

2. Jan Vertonghen

Bek tengah Tottenham itu dilepas pada akhir Juli lalu, setelah delapan tahun berada di London utara. 

 

3. Thiago Silva

Bek asal Brasil itu jadi tandem yang tepat untuk mendampingi Vertonghen, dengan pengalaman 89 kali membela tim nasional, dan tujuh gelar Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain. Thiago akan resmi melepas status pemain PSG pada akhir Agustus ini.

 

4. Nathaniel Clyne

Clyne tak lagi jadi pemain yang diinginkan oleh Juergen Klopp untuk skuat Liverpool. Apalagi, pemain berusia 29 tahun itu kalah saing dengan Trent Alexander-Arnold di posisi bek kanan. 

5. Malang Sarr

Pemain Prancis U-21 ini cocok untuk ditempatkan sebagai bek kiri, walaupun kerap bermain di posisi bek tengah. Pemain berusia 21 tahun itu meninggalkan Nice, usai hanya 16 kali jadi starter musim ini.

 

Lini Tengah:

6. David Silva

Setelah 10 tahun membela Manchester City, Silva akhirnya memilih tak memperpanjang kontraknya. Meski usianya sudah 34 tahun, namun sentuhannya terhadap bola masih diacungi jempol.

7. Mario Gotze

Gotze jadi pemain andalan tim nasional Jerman selama 10 tahun, sejak usianya masih 18 tahun. Namun, ia gagal tampil gemilang saat kembali ke Borussia Dortmund, sebelum bulan lalu dilepas oleh klub masa kecilnya itu.

8. Jeff Hendrick

Pemain berusia 28 tahun ini punya kreativitas dan produktivitas yang penting bagi Burnley. Sadar usianya masih bisa bersaing di level tertinggi, Hendrick enggan memperpanjang kontrak di Turf Moor. 

 

Lini Serang:

9. Willian 

Pemain asal Brasil itu siap untuk meninggalkan Chelsea, setelah perpanjangan kontraknya tak kunjung terwujud. 

 

10. Ryan Fraser

Pemain Bournemouth ini menolak untuk meneruskan kariernya. Ia meninggalkan the Cherries yang terdegradasi dan meninggalkan klub Juni lalu.

 

11. Edinson Cavani

Setelah 10 tahun membela Paris Saint-Germain, Cavani akhir hengkang. Pemain berusia 33 tahun itu menolak perpanjangan kontrak di PSG, dan sedang menentukan kemana akan berlabuh musim depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement