Selasa 04 Aug 2020 12:15 WIB

Kota Kashan di Iran Tengah Jadi Ibu Kota Nahj-Ul-Balaghah

Kota Kashan di Iran Tengah menjadi Ibu Kota Nahj-Ul-Balaghah

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Kota Kashan di Iran tengah menjadi ibu kota Nahj-ul-Balaghah
Foto: Dok Istimewa
Kota Kashan di Iran tengah menjadi ibu kota Nahj-ul-Balaghah

REPUBLIKA.CO.ID, TEHRAN – Kementerian Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran telah memilih Kota Kashan di Iran tengah. Kota tersebut terkenal dengan air mawar dan monumen bersejarahnya sebagai ibu kota Nahj-ul-Balaghah Imam Ali. 

Pilihan akan diumumkan secara resmi oleh Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam, Seyyed Abbas Salehi pekan depan. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Kebudayaan, Abdolhadi Feqhizadeh pada Senin lalu.

Baca Juga

"Kami berharap serangkaian peristiwa penting dan positif di arena agama-budaya akan dimulai setelah Kashan dinobatkan sebagai ibukota Nahj-ul-Balaghah," kata Abdolhadi dilansir dari Tehran Times, Selasa (4/8). 

Nahj-ul-Balaghah (The Peak of Eloquence) disusun  Seyyed Razi. Ini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Rusia dan Spanyol. Kashan menikmati latar belakang budaya dan ilmu pengetahuan yang kaya, dan Allameh Qutbeddin Rawandi sebagai komentator terkemuka Nahj-ul-Balaghah berasal dari Kashan. 

Selain itu kota ini telah menjadi rumah bagi salah satu institut budaya Alquran yang paling berpengaruh, serta Institut Imam Ali yang melatih banyak penghafal Nahj-ul-Balaghah. 

"Ini adalah alasan bagus untuk memilih Kashan sebagai ibu kota Nahj-ul-Balaghah," ujar Abdolhadi. 

Kashan mencakup pemandangan indah yang berlimpah. Juga memiliki situs bersejarah dan monumen seperti Fin Garden yang terdaftar di UNESCO dengan bangunan era Safawi dan Qajar, Rumah Tabatabai, Rumah Borujerdi, Rumah Ameri, bazaar tradisional, dan Masjid Jame di Kashan. 

Setiap tahun pada akhir April, lusinan festival mawar dan air mawar menjadi panggung utama di Kashan bersama dengan kota-kota dan desa-desa terdekat lainnya. Upacara penyulingan yang umumnya dikenal sebagai 'Golab-giri' biasanya menarik ribuan orang dari berbagai bagian negara dan luar negeri untuk menyaksikan tradisi ikonik wilayah tersebut.

Sementara Kashan dan desa-desa di sekitarnya dipenuhi dengan mawar merah muda dan aroma bunga-bunga menyebar di seluruh wilayahnya. Pengunjung dapat memiliki pengalaman unik menyaksikan proses pembuatan air mawar dari panen hingga kelopak mawar yang mengepul.

Sumber:  https://www.tehrantimes.com/news/450815/Kashan-named-capital-of-Nahj-ul-Balaghah-of-Imam-Ali-AS  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement