Selasa 04 Aug 2020 10:43 WIB

Start Liga Primer Inggris 2020/2021 Dianggap Terlalu Cepat

Pemain perlu diberikan istirahat untuk bermain di level dan kualitas yang dibutuhkan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Chelsea Frank Lampard.
Foto: EPA-EFE/Andy Rain/NMC/Pool
Pelatih Chelsea Frank Lampard.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris musim 2020/2021 akan dimulai 12 September atau setelah Liga Champions dan Liga Europa selesai digelar. Namun rencana tersebut mendapat kritik dari pelatih Chelsea, Frank Lampard.

Lampard menyatakan, Chelsea masih akan bertanding di Liga Champions saat berhadapan dengan Bayern Muenchen di babak 16 besar. Apalagi, Chelsea harus berjuang mati-matian untuk membalikkan defisit tiga gol, setelah kalah 0-3 di leg pertama. Artinya, the Blues hanya memiliki waktu 35 hari sebelum musim baru Liga Primer Inggris dimulai.

''Pemain perlu diberikan istirahat untuk bermain di level dan kualitas yang dibutuhkan di Liga Primer Inggris,'' ujar Lampard dikutip dari BBC, Senin (3/8).

Klub-klub kontestan Liga Primer Inggris setuju kalau pemain paling tidak istirahat selama sebulan sebelum liga kembali dimulai. Manchester City juga masih bermain di Liga Champions dengan final akan digelar pada 23 Agustus. Sementara, Manchester United dan Wolves pun masih berlaga di Liga Europa dengan final pada 21 Agustus.

Lampard berkaca pada cederanya Ruben Loftus-Cheek saat final Piala FA. Ia juga kehilangan Cesar Azpilicueta dan Christian Pulisic saat dikalahkan Arsenal 1-2 karena masalah hamstring.

Lampard menilai otoritas Liga Primer harus melihat kasus ini sebagai masalah serius. Legenda the Blues itu berharap Liga Primer memberikan awal yang adil bagi timnya musim depan. ''Bahkan dalam skenario terburuk, kami kalah melawan Bayern Muenchen, (tanggal) 12 masih terlalu awal untuk pemain untuk tampil lagi di kompetisi yang ketat,'' jelas pelatih asal Inggris itu.

Di sisi lain, La Liga Spanyol juga akan memulai kompetisi musim 2020/2021 pada 12 September dan berakhir 23 Mei 2021. Namun, jadwal pertandingan Liga Spanyol baru akan diumumkan pada pekan terakhir bulan Agustus 2020. Sampai saat itu, klub masih bisa melakukan aktivitas transfer selama beberapa hari, sebelum kompetisi digelar September.

Sementara itu, dikutip dari Sempremilan, Serie A Liga Italia musim 2020/2021 dimulai lebih lama sepekan, yaitu 19 September, namun sama-sama berakhir 23 Mei 2021. Sebab, Serie A menilai tanggal 12 September tidak memungkinkan dijadikan awal kompetisi. Bahkan, sebelumnya beberapa klub lebih menginginkan liga dimulai 26 September atau 3 Oktober.

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) sempat meminta Serie A diakhiri 16 Mei 2021. Tujuannya agar Roberto Mancini punya waktu persiapan untuk tim nasional Italia menyambut Piala Eropa yang digelar tahun depan. Namun klub menolak usulan tersebut dan memilih kompetisi selesai 23 Mei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement