Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Trik Agar Ngopi Bisa Kendalikan Berat Badan

Selasa 04 Aug 2020 01:35 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Kopi bisa kendalikan berat badan bila diminum dengan cara yang tepat (Foto: ilustrasi kopi)

Kopi bisa kendalikan berat badan bila diminum dengan cara yang tepat (Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Dailymail
Kopi bisa kendalikan berat badan bila diminum dengan cara yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menikmati kopi, baik panas maupun dingin, adalah kebiasaan harian yang sulit ditinggalkan para penyuka kafein. Minuman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya, kopi bisa mengendalikan berat badan jika cara meminumnya tepat.

Jika bicara kopi, kesederhanaan adalah kunci. Agar manfaat kopi bisa optimal, tidak perlu banyak perisa tambahan pada secangkir kopi hitam. Terlebih, latte, espresso, atau es kopi di kedai kopi mahal mengandung banyak kalori akibat berbagai krim dan gula tambahan.

Menurut artikel terbitan Livestrong yang ditinjau pakar diet berlisensi Claudia Thompson, opsi terbaik untuk mengendalikan bobot badan adalah meminum kopi hitam. Kopi hitam tanpa tambahan apapun, bebas kalori dan menawarkan manfaat potensial karena kandungan kafeinnya.

Baca Juga

Kafein yang ada dalam kopi hitam polos tersebut juga efektif membakar kalori dalam tubuh dan tentunya mengurangi asupan kalori dari diet harian. Pilihan itu sangat bagus untuk mendukung program penurunan berat badan apapun yang sedang dijalani.

Lebih lanjut, ulasan lain di laman Healthline menjelaskan bagaimana minum kopi bisa meningkatkan laju metabolisme secara alami. Semua itu karena zat biologis aktif di dalam kafein, yang bernama teobromin, teofilin, dan asam klorogenat.

Selain melancarkan metabolisme, deretan zat tersebut meningkatkan konsentrasi dan fokus. Dengan demikian, seseorang juga lebih sadar apa saja yang harus dimakan dan jenis olahraga apa untuk mendukung program penurunan berat badan, dikutip dari laman SheFinds, Senin (3/8).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA