Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Tips Ciptakan Suasana Menyenangkan Bagi Anak Selama PJJ

Senin 03 Aug 2020 23:19 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Pelajar mengikuti kegiatan belajar secara daring atau virtual  dari rumah, di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/7). Kegiatan belajar secara daring saat ini masih mengalami kendala, di antaranya masalah teknis dan jaringan.

Pelajar mengikuti kegiatan belajar secara daring atau virtual dari rumah, di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/7). Kegiatan belajar secara daring saat ini masih mengalami kendala, di antaranya masalah teknis dan jaringan.

Foto: Edi Yusuf/Republika
Orang tua harus menjadikan rumah sebagai lingkungan edukatif, menyenangkan bagi anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selagi pandemi Covid-19, kesehatan jiwa, ketenangan pikiran, dan kekuatan mental orang tua dan anak penting dijaga. Apalagi, anak-anak masih menjalani sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Dengan menghadapi besarnya perubahan kehidupan, seperti harus selalu menjaga jarak, belajar dan bermain dari rumah, memengaruhi psikologis orang tua dan anak," kata psikolog keluarga Ajeng Raviando dalam webinar perayaan Hari Anak Nasional (HAN) bersama Frisian Flag Indonesia pada akhir Juli lalu.

Untuk menyikapinya, menurut Ajeng, orang tua harus mampu menyesuaikan diri dan menjadikan rumah sebagai lingkungan edukatif yang menyenangkan dan menghadirkan kegembiraan bagi anak-anak. Orang tua diharapkan menjadi teman belajar yang menyenangkan.

Untuk itu, kesehatan mental orang tua merupakan suatu keharusan. Mengelola energi dan emosi untuk mengelola stres dengan baik akan membantu memberikan kenyamanan anak-anak belajar di rumah.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan rumah yang edukatif dan menggembirakan.

* Ciptakan komunikasi yang baik dengan anak-anak.

* Tata ruangan yang nyaman untuk anak belajar.

* Buat jadwal, belajar dan bermain harus seimbang.

* Sediakan makanan dan minuman dengan gizi seimbang, seperti makanan pokok, buah dan sayur sebagai sumber vitamin, daging, telur, hingga susu sebagai salah satu sumber protein hewani.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA