Senin 03 Aug 2020 22:28 WIB

Jamaah Haji Tetap Disiplin Pakai Masker Jalani Tawaf Wada

Jamaah haji disiplin menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan manasik.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Jamaah haji disiplin menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan manasik.Jamaah haji 2020 melakukan tawaf.
Foto: saudigazette
Jamaah haji disiplin menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan manasik.Jamaah haji 2020 melakukan tawaf.

REPUBLIKA.CO.ID,  

 

Baca Juga

Jamaah Gunakan Masker dan Jarak Sosial Selama Tawaf 

 

 

JEDDAH—Jamaah haji mulai melaksanakan tawaf perpisahan setelah selesai melempar kerikil (jumrah) di Mina pada Ahad (2/8) kemarin. Selama melaksanakan ritual mengitari ka’bah ini, setiap jamaah diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak sosial.  

Prosedur kesehatan ini telah ditetapkan pihak berwenang Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah penularan wabah Covid-19. Musim haji tahun ini, sangat sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini, hanya 10 ribu jamaah saja yang dipilih untuk dapat berhaji.  

Jumlah ini tentu jauh berbeda dari 2,5 juta jamaah yang selalu memadati Saudi setiap tahunnya. Peraturan wajib menggunakan masker bukan hanya saat ritual tawaf, namun selama prosesi haji berlangsung, mulai hari pertama hingga hari kelima.   

Kerikil yang digunakan jamaah haji tahun ini juga istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena kerikil tersebut telah disterilkan oleh otoritas haji sebelum dibungkus dan dibagikan kepada jamaah.  

Sterilisasi ini dilakukan untuk melindungi jamaah dari risiko penyebaran virus. Mengingat diperlukannya upaya ganda bagi Pemerintah Arab Saudi untuk tetap menjalankan ritual tahunan di tengah pandemi.  

Sumber: https://www.dailymail.co.uk/news/article-8585819/Muslim-pilgrims-observe-social-distancing-rules-final-day-hajj-pilgrimage.html  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement