Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Riset: Pengemudi Gojek Optimistis Pendapatan Membaik

Selasa 04 Aug 2020 01:57 WIB

Red: Ratna Puspita

Ratusan pengemudi ojek daring atau ojek online (Ojol) mengikuti serangkaian rapid test (ilustrasi)

Ratusan pengemudi ojek daring atau ojek online (Ojol) mengikuti serangkaian rapid test (ilustrasi)

Foto: Republika/Abdurrahman Rabbani
Hampir setengah mitra pengemudi Gojek atau 44 persen memberikan bantuan sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 89 persen pengemudi Gojek memutuskan bertahan menjadi mitra dan 73 persen mengaku optimistis pendapatan akan membaik pasca-pandemi Covid-19. Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh embaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LD FEB) Universitas Indonesia.

“Optimisme mitra ini menarik karena menunjukkan adanya kepercayaan mitra pengemudi pada ekosistem ekonomi digital sebagai tempat mencari nafkah, serta resiliensi bisnis startup on-demand yang saat ini mampu bertahan di masa krisis,” kata Wakil Kepala LD FEB UI Paksi Walandouw dalam diskusi virtual di Jakarta, Senin (3/8).

Paksi Walandouw merinci mitra GoFood yang berencana melanjutkan hingga beberapa tahun ke depan yakni sebanyak 95 persen, UMKM mitra GoSend 87 persen, UMKM Gopay 90 persen, dan mitra pengemudi 96 persen. Ia menuturkan para pelaku usaha menyadari bahwa dampak pandemi terhadap penghasilan mereka akan terus berjalan setidaknya lebih dari tiga bulan ke depan (74-81 persen).

Mitra pengemudi, lanjut dia, lebih optimistis bahwa dampak pendemi bisa lebih cepat mereka lewati, di mana 40 persen menilai akan selesai dalam tiga bulan. Ia menjelaskan salah satu faktor yang mendorong para mitra tetap bertahan yakni adanya bantuan sosial, bukan hanya dari pihak Gojek melainkan juga antarmitra.

“Pemberian bantuan tersebut direspons positif oleh mitra, dengan mayoritas mitra atau 84 persen mengapresiasi bantuan sosial yang mereka terima dari Gojek. Sebagian besar atau 74 persen mitra yang mendapat bantuan mengatakan merasakan manfaat yang diberikan,” ujarnya.

Tipe bantuan sosial yang paling banyak diterima pengemudi adalah program sembako atau voucher makan gratis sebanyak 77 persen, sisanya menerima bantuan posko aman, seperti fasilitas cek suhu tubuh; pembagian paket kesehatan terdiri dari masker, sanitasi tangan dan lainnya, penyemprotan desinfektan kendaraan, keringanan cicilan, serta kerja sama dengan pemerintah untuk fasilitas program Kartu PraKerja.

“Sikap gotong royong tercermin dari temuan bahwa walaupun mengalami penurunan penghasilan, hampir setengah mitra pengemudi Gojek atau 44 persen memberikan bantuan sosial kepada sesama,” katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA