Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Puncak Hujan Meteor Perseid Terjadi Bulan Ini

Senin 03 Aug 2020 15:46 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Dwi Murdaningsih

Hujan meteor Perseid.

Hujan meteor Perseid.

Foto: epa
Puncak hujan meteor Perseid diperkirakan terjadi 12-13 Agustus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak peristwa astronomi yang terjadi pada bulan Agustus. Dikutip dari Forbes, pada bulan Agustus terdapat puncak hujan meteor Perseid, hujan meteor paling populer tahun ini.

Tak hanya itu di bulan ini, juga akan ada lima planet yang terlihat dengan mata telanjang. Berikut daftar fenomena langit malam pada bulan Agustus:

Tanggal 1-2 Agustus 2020: Bulan berkonjungsi dengan Jupiter dan Saturnus
Pada tanggal 1 Agustus, bulan purnama akan terlihat tepat di bawah planet Jupiter. Pada malam berikutnya giliran Saturnus dengan jarak terdekatnya

Tanggal 3 Agustus: Grain Moon
Pada 3 Agustus terlihat bulan purnama yang disebut Sturgeon Moon. Oleh beberapa suku asli Amerika dan sebagai Grain Moon.

Tanggal 8 Agustus 2020: Bulan, Mars, dan 'Galaksi Andromeda. Mars akan terlihat jelas pada tengah malam di timur. Di atas ke timur laut dan nampak Galaksi Andromeda (M31).

Tanggal 9 Agustus: Merkurius dan Venus muncul sebelum matahari terbit

Lihatlah sebelum matahari terbit di timur laut, meskipun mungkin perlu teropong untuk melihat titik merah kecil dunia ini. Venus juga harus sangat mudah dikenali di atas bersama dengan bintang-bintang terang Sirius lebih jauh ke timur.

Pada tanggal 12 dan 13 Agustus adalah kesempatan besar untuk melihat Bimasakti melintasi langit malam sebelum tengah malam. Pada tanggal ini juga kesempatan untuk melihat puncak hujan meteor Perseid. Hujan meteor Perseid adalah hujan meteor yang paling populer. Pada puncaknya, kemungkinan akan terlihat 60 meteor jatuh tiap jam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA