Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Kali Pertama Desa Gambiranom Wonogiri Rasakan Qurban Sapi

Senin 03 Aug 2020 13:42 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani

Global Qurban ACT Solo mendistribusikan sapi kurban di Desa Gambiranom, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Sabtu (1/8). Untuk pertama kalinya, desa tersebut menyembelih sapi kurban.

Global Qurban ACT Solo mendistribusikan sapi kurban di Desa Gambiranom, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Sabtu (1/8). Untuk pertama kalinya, desa tersebut menyembelih sapi kurban.

Foto: dok. ACT Solo
Tahun-tahun sebelumnya, warga di desa Gambiranom hanya menyembelih kambing.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOGIRI – Untuk pertama kalinya, Desa Gambiranom, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, menyembelih sapi qurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H. Sapi tersebut berasal dari pendistribusian Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo.

Global Qurban ACT Solo telah mendistribusikan sapi qurban di Desa Gambiranom, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Sabtu (1/8).

Salah satu warga, Mujiyanto, menceritakan qurban hewan sapi yang di salurkan Global Qurban ACT Solo merupakan pertama kalinya yang disembelih di Desa Gambiranom. Saat perayaan Idul Adha tahun-tahun sebelumnya, warga hanya menyembelih dua sampai tiga kambing yang dibagikan merata kepada seluruh warga desa.

"Saya perwakilan warga menyampaikan rasa syukur atas qurban sapi yang diberikan ke desa kami. Karena baru pertama kali ini warga bisa menyembelih qurban hewan sapi," kata Mujiyanto seperti dikutip dari rilis ACT Solo yang diterima Republika, Senin (3/8).

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Solo, Septi Endrasmoro, menjelaskan, Desa Gambiranom merupakan salah satu lokasi pendistribusian hewan qurban sapi pada Idul Adha tahun ini. Pada hari yang sama, Global Qurban ACT Solo juga melakukan pemotongan hewan qurban sapi di Kabupaten Klaten, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sragen.

"Global Qurban ACT Solo mengusahakan agar hewan qurban dapat terdistribusikan secara merata di wilayah Eks Karesidenan Surakarta. Daerah yang menjadi tempat implementasi pendistribusian hewan qurban merupakan tempat pilihan yang memang membutuhkan bantuan hewan qurban," papar Septi.

Septi berharap, amanah penyaluran hewan kurban tersebut dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat sekitar dan menambah ketakwaan kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA