Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Hari Pertama Ganjil-Genap, Arus Kendaraan Turun 50 Persen

Senin 03 Aug 2020 10:30 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan

Situasi Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat saat hari pertama pemberlakuan sistem ganjil genap, Senin (3/8).

Situasi Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat saat hari pertama pemberlakuan sistem ganjil genap, Senin (3/8).

Foto: Eva Rianti
Dishub perkirakan arus kendaraan akan meninngkat pada sore hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat terlihat ramai lancar di hari pertama penerapan ganjil-genap di masa perpanjangan ketiga PSBB transisi fase 1, Senin (3/8). Berdasarkan pantauan Republika, pada sekitar pukul 07.50 WIB, Jalan Medan Merdeka Barat dilintasi oleh notabene kendaraan roda dua dan beberapa kendaraan roda empat bernomor pelat ganjil.

Kepadatan sesekali hanya terlihat di penyeberangan jalan atau zebra cross menuju halte Transjakarta Monas. Petugas dari Dinas Perhubungan serta dari pihak kepolisian sudah tampak berjaga-jaga di sejumlah titik untuk memantau dan mengawasi kendaraan yang melintas.

Seorang petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub), Rudy Sagita mengatakan, hari pertama penerapan ganjil-genap di Jalan Medan Merdeka Barat terasa berbeda dibanding hari-hari sebelumnya ketika belum diberlakukan ganjil-genap.

"Beda banget ini terasa. Ada penurunan (kepadatan kendaraan) sekitar 50 persen lah. Enggak beda jauh dengan pas pertama Covid-19," ujarnya saat ditemui Republika di ujung Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (3/8).

Dia mengatakan, sebagian kendaraan yang tidak bisa melewati Jalan Medan Merdeka Barat memanfaatkan jalan alternatif, yakni Jalan Abdul Muis dan Jalan Medan Merdeka Timur. Namun, Rudy melanjutkan, selepas pukul 10.00 WIB nanti jalanan kemungkinan akan kembali padat.

Karena aturan ganjil-genap berlaku dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB untuk sesi pagi. Pada sesi sore juga ada pemberlakuan ganjil-genap, yakni pada pukul 16.00 hingga 21.00 WIB.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA