Senin 03 Aug 2020 00:02 WIB

Ditemukan Cacing Hati pada Daging Qurban di Kepulauan Seribu

Cacing hati ditemukan di daging qurban delapan sapi dan satu ekor kambing.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Cacing hati pada hewan
Foto: Antara
Cacing hati pada hewan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dibantu enam dokter dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang DKI Jakarta, memeriksa kesehatan daging hewan qurban yang dipotong di Kepulauan Seribu. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan ada cacing hati pada daging sebanyak delapan sapi dan satu ekor kambing.

Kepala Seksi Peternakan dan  Hewan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Guyantoro mengatakan, pemotongan hewan qurban di pulau-pulau permukiman tidak dilakukan bersamaan sehingga memudahkan petugas melakukan pemeriksaan. Total yang dipotong dan diperiksa petugas ada 244 ekor.

Baca Juga

Dia mengungkapkan, 244 ekor hewan qurban yang tersebar di enam kelurahan tersebut terdiri atas 48 ekor sapi, 64 ekor kambing dan 132 ekor domba. "Dari jumlah hewan qurban yang dipotong tersebut petugas menemukan cacing hati pada delapan ekor sapi dan satu ekor kambing," ungkap Guyantoro, Ahad (2/8).

Temuan lainnya berupa radang paru-paru pada satu ekor sapi dan satu kambing. "Sebanyak 11,5 kilogram hati dan dua kilogram paru-paru hasil temuan pemeriksaan tersebut oleh petugas langsung dimusnahkan di lokasi," terangnya.

Dia berharap, dengan adanya pemeriksaan oleh petugas daging qurban yang diberikan kepada warga ini aman untuk dikonsumsi. "Semoga dengan adanya pemeriksaan oleh petugas, daging yang dibagikan terjamin aman, sehat dan layak konsumsi," imbuhnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement