Ahad 02 Aug 2020 18:21 WIB

Nick Kyrgios Mundur dari AS Terbuka

Nick Kyrgios mengkritik kebijakan ATP bersikukuh menggelar AS Terbuka.

Nick Kyrgios
Foto: EPA/Tony Mcdonough
Nick Kyrgios

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis kontroversial Nick Kyrgios memutuskan mundur dari AS Terbuka. Keputusan Kyrgios itu mengikuti jejak kompatriotnya sekaligus petenis putri nomor satu dunia, Ashleigh Barty, yang menyatakan mundur karena alasan keselamatan.

“Kepada penggemar tenis tercinta, saya tidak akan bermain di AS Terbuka tahun ini. Kenyataan ini sangat memilukan,” kata Kyrgios dalam sebuah video yang diunggah ke Twitter.

Baca Juga

“Saya memilih tak ikut demi warga Australia dan ratusan atau ribuan orang Amerika yang telah kehilangan nyawanya.”

Kyrgios sempat mengecam Asosiasi Tenis Profesional (ATP) yang bersikukuh menggelar AS Terbuka di tengah lonjakan kasus COVID-19 di AS.

Namun, kini ia mengaku tak mempersalahkan keputusan ATP, Asosiasi Tenis AS (USTA) maupun para petenis yang nantinya memilih untuk tetap tampil di Flushing Meadows pada 31 Agustus nanti.

Penyelenggaraan AS Terbuka diharapkannya dapat memulihkan kembali perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi, seperti karyawan restoran, pembersih ruangan, hingga penjaga ruang ganti.

Petenis berusia 25 tahun itu, lantas mengimbau para petenis dunia yang bakal tampil di turnamen Grand Slam AS Terbuka agar disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kepada para petenis, kalian harus bertindak untuk kepentingan sesama...tak peduli dengan peringkat duniamu atau berapa banyak uang yang kamu punya. Bertindaklah dengan penuh tanggung jawab.”

Demikian juga dengan penyelenggaraan turnamen ekshibisi, ia mengimbau agar tak hanya memikirkan soal keuntungan.

“Anda tak bisa berdansa di atas meja dengan uang yang diraih selama tur Eropa,”

“Pikirkan juga orang lain. Tak peduli peringkat berapa Anda atau berapa uang yang Anda punya. Bertindaklah dengan tanggung jawab,” tegasnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement