Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Thursday, 16 Zulhijjah 1441 / 06 August 2020

Kolaborasi UMKM dan Industri Mode di NUFF 2020

Ahad 02 Aug 2020 15:59 WIB

Red: Hiru Muhammad

Pengunjung mengamati produk kerajinan yang dipamerkan pada UMKM Export BRILian Preneur 2019 di Jakarta Convention Center, Jumat (20/12).

Pengunjung mengamati produk kerajinan yang dipamerkan pada UMKM Export BRILian Preneur 2019 di Jakarta Convention Center, Jumat (20/12).

Foto: Republika/Prayogi
NUFF 2020 merupakan kolaborasi terintegrasi bagi UMKM dan pegiat industri mode

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Setiap sektor dan industri merasakan efek domino yang terjadi karena pandemi Covid- 19, salah satunya adalah industri mode. Sinergi semua pihak sangat dibutuhkan guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

Sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemerintah meresmikan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Sejalan dengan gerakan nasional tersebut, Bank BRI selaku lembaga perbankan yang fokus untuk penyelamatan UMKM menggelar acara Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020.

NUFF 2020 merupakan kolaborasi terintegrasi bagi UMKM dan pegiat industri mode dan perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia. NUFF 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 1 - 31 Agustus 2020 dengan menghadirkan 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show. Sejumlah pembicara dalam Fashion Talks dan juga produk kolaborasi spesial desainer & brand lokal akan ditampilkan dalam Charity Auction.

"BRI mendukung penuh kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang ditengah pandemi Covid-19. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia," ungkap Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

Handayani menambahkan bahwa salah satu sektor industri padat karya dengan ekosistem luas yang terkena dampak pandemi adalah mode. UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam mulai dari pengrajin kain tradisional sampai dengan label lokal modern. "Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan," katanya.

Menggandeng lebih dari 300 kolaborator dan mengusung konsep virtual, festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan. Selama penyelenggaraan acara NUFF 2020 juga berbagi edukasi dan berdiskusi terkait industri mode bersama tokoh - tokoh ternama.

Gelaran NUFF 2020 bertujuan untuk memberikan wadah yang memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode Indonesia serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu, juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi, berbisnis, bekerja sama bahkan mempresentasikan karya mode.

"Festival mode virtual ini diharapkan menghadirkan pengalaman digital baru yang memberikan kesempatan bagi UMKM dan pelaku industri mode untuk bertemu dengan prospek bisnis baru serta dapat menjadi inspirasi bagi pegiat mode di Indonesia untuk terus berinovasi. Rangkaian acara ini diharapkan dapat mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia" Ungkap Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment.

Leonard Theosabrata, Direktur SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM) menambahkan "Industri mode memiliki rantai ekosistem yang sangat luas. Menghadapi masa pandemi saat ini UMKM dihadapkan dengan tekanan yang besar.

Hadirnya NUFF 2020 dapat menjadi angin segar bagi pelaku UMKM yang saat ini membutuhkan dukungan untuk memperlihatkan eksistensi diri dan juga mempresentasikan karyanya. Untuk mendorong kebangkitan ekonomi dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun juga masyarakat berkontribusi dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri."

Memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia, NUFF 2020 menghadirkan beberapa kegiatan, mulai dari Fashion Talks bersama ikon mode, pemerintah, pelaku bisnis, komunitas, dan figur publik untuk berbagai perspektif dan kisah inspiratif terkait mode. Pengalaman Virtual Fashion Show menyaksikan karya 75 maestro dan label mode tanah air secara virtual. Panggung mode virtual ini akan berlangsung selama dua hari.

Daily Show pada 16 Agustus 2020 yang mempresentasikan karya dari 54 desainer dan label mode. Gala Show pada 17 Agustus 2020 akan menghadirkan karya maestro mode Indonesia diiringi dengan pertunjukan spesial dari musisi tanah air untuk menyambut hari raya kemerdekaan Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan bagi pelaku industri mode yang terkena dampak dari pandemi, NUFF 2020 menghadirkan Charity Auction. Program ini akan menghadirkan ragam produk kolaborasi spesial antar label lokal dan terintegrasi ke e- commerce kerja sama. Profit akan diberikan kepada yayasan yang bergerak di bidang fashion.

"Suatu kebanggaan bagi BRI dapat menghadirkan NUFF 2020 sebagai ruang bagi pelaku industri mode dan kreatif serta UMKM untuk memperlihatkan kualitasnya. Kami harap program ini dapat menjadi langkah awal yang positif bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menciptakan peluang dan optimis dalam berkarya serta untuk mempersuasi masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia." tutur Handayani.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA