Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Yordania Minta Israel Hormati Kesucian Masjid Al-Aqsa

Ahad 02 Aug 2020 13:09 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Yordania meminta Israel harus menghormati situs umat Islam tersebut. Ilustrasi polisi Israel di atas Masjid Al-Aqsa Palestina

Yordania meminta Israel harus menghormati situs umat Islam tersebut. Ilustrasi polisi Israel di atas Masjid Al-Aqsa Palestina

Foto: REUTERS / Amir Cohen
Yordania meminta Israel harus menghormati situs umat Islam tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI – Pemerintah Yordania meminta Israel untuk menghormati kesucian Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Masjid yang merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam itu baru-baru ini dibuka kembali untuk umat Muslim setelah ditutup sementara karena virus corona selama dua bulan. 

Baca Juga

Dalam sebuah catatan diplomatik ke Tel Aviv, dilansir di Arab News, Sabtu (1/8), Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat menyatakan bahwa Israel sebagai kekuatan pendudukan harus menghormati kesucian Masjid Al-Aqsa atau disebut Al-Haram Al-Sharif. Kantor berita negara Petra melaporkan, bahwa Yordania juga meminta Israel mengakhiri semua provokasi dan pelanggaran di sana.   

Juru bicara kementerian, Deifallah Al-Fayez, mengecam berlanjutnya pelanggaran yang dilakukan Israel di masjid al-Aqsa. Pelanggaran terbaru, pasukan pendudukan Israel memungkinkan ratusan ekstremis Yahudi menyerbu masjid tersebut. 

Al-Aqsa merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Al-Fayez mengatakan, Departemen Awqaf Yerusalem, yang berafiliasi dengan Yordania, adalah satu-satunya lembaga yang bertanggung jawab untuk mengelola urusan masjid al-Aqsa. Dia kemudian menyerukan tekanan global untuk mengakhiri pelanggaran Israel terhadap status quo Al-Aqsa. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA