Ahad 02 Aug 2020 12:29 WIB
haji

Kisah Azra Aly, Haji 2020 Asal Afrika Selatan

kisah haji 2020 asal Afrika Selatan

Aszra Aly, jamaah haji asal Afrika Selatan.
Foto: saudigazette
Aszra Aly, jamaah haji asal Afrika Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Inilah kisah Azra Aly, seorang peziarah Afrika Selatan melakukan haji 2020. Ia meringkas perasaannya yang kuat tentang perjalanan spiritual yang mendalam pada ibadah kali ini.

"Ini bisa menjadi awal dari sisa hidup saya," katanya seperti dilansir Suadigazette. Azra, (38 tahun), bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Jeddah dan telah tinggal di Arab Saudi selama enam tahun terakhir.

Kakek Azra, Qassim Ali, adalah imam yang dihormati. Dia dilahirkan sembilan tahun setelah kematiannya, tetapi terus-menerus mendengar kisah-kisah inspirasional tentang dirinya, karakternya, dan dedikasinya kepada komunitasnya. Dia menatapnya, meskipun tidak memiliki kesempatan untuk melihatnya, dan bertanya-tanya mengapa ayahnya tidak hidup dengan nilai dan prinsip yang sama seperti dia.

Azra dan saudara-saudaranya memiliki pengalaman yang kacau di rumah, dengan orang tuanya berpisah ketika dia baru berusia sembilan tahun. Dia sering mendapati dirinya bertanya kepada Allah mengapa ini terjadi. Dia akan meminta maaf karena melakukannya dan kemudian bertanya lagi, dan proses itu akan terulang kembali.

 

Mengenang kembali, Azra mengatakan: "Pada 2011, setelah perdebatan sengit dengan keluarga saya - entah dari mana dan sepenuhnya secara acak - Saya dengan berani menyatakan kepada ibu saya bahwa saya akan meninggalkan mereka dan pergi ke padang pasir."

Pada Januari 2014, setelah serangkaian peristiwa tak terduga terjadi dalam kehidupan Azra, ia menerima panggilan untuk mengajar di Universitas King Abdulaziz di Jeddah. Pada saat itulah dia berpikir kembali ketika dia menyatakan bahwa dia akan meninggalkan keluarganya dan pergi ke padang pasir. Dan pada saat itulah dia menemukan jawaban untuk pertanyaan yang terus dia tanyakan kepada Allah.

Setelah pindah ke Arab Saudi, dia belajar bagaimana melakukan umrah dan telah melaksanakan ibadah haji kecil sebanyak  18 kali sejak itu. Sepanjang pengalaman ini, dia menjaga kakeknya di belakang pikiran dan jiwanya, layaknya sebuah  'kompas spiritual'.

Apa yang paling luar biasa bagi Azra tentang kakeknya, adalah kisah kematiannya. Dia meninggal pada tahun 1973 saat sujud ketika memimpin shalat Ashar pada hari Jumat.

"Kematiannya mengirimkan riak-riak di komunitas Muslim ketika orang-orang menceritakan detail berulang kali satu sama lain, dan anak-anak mereka, dan cucu selama beberapa dekade," ujarnya.

Kakeknya telah mengubah hidupnya dan dia membutuhkan perlindungan itu. Ketika pengumuman datang untuk Haji 2020, dia ingat bagaimana seorang kerabat pernah mengatakan kepadanya bahwa Haji telah mengubah hidupnya. Maka dia pergi melamar dan Azra diterima.

“Aku tidak percaya! Gembira! Mungkin Dia (Allah) tidak meninggalkan saya. Mungkin Dia sudah menunggu untuk membantu saya memperbaiki apa pun yang rusak," kata Azra.

"Saya tidak tahu apa yang diharapkan dari sini, tetapi yang saya tahu adalah bahwa saya ingin penebusan, kejelasan, dan kedamaian. Saya merasa takut karena beberapa alasan tetapi pada saat yang sama,haji ini bisa menjadi awal dari sisa hidup saya. ”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement