Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

Tuesday, 14 Zulhijjah 1441 / 04 August 2020

UMY PTS Terbaik DIY-Jateng Versi Webometrics

Ahad 02 Aug 2020 10:54 WIB

Rep: wahyu suryana/ Red: Hiru Muhammad

Kampus UMY

Kampus UMY

Pemeringkatan ini menempatkan UMY sebagai PTS kedua setelah Universitas Telkom

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL--Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali meraih prestasi pada akhir Juli 2020. Webometrics Rangking Web of Universities menempatkan UMY peringkat 11 nasional, menjadikannya PTS terbaik di DIY dan Jawa Tengah.

Pemeringkatan itu sekaligus menempatkan UMY sebagai PTS terbaik di Indonesia nomor dua setelah Universitas Telkom. Hasil pemeringkatan itu diumumkan pada akhir Juli 2020 melalui situs web Webometrics.

Webometrics sendiri merupakan inisiatif mempromosikan dan membuka publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga penelitian di situs web. Pemeringkatan dibuat berdasar data dari situs web perguruan tinggi.

Kepala Biro Sistem Informasi UMY, Wahyudi, Sabtu (1/8) mengatakan, prestasi yang diraih ini tidak cuma tentang aktivitas situs web UMY. Tapi, terkait pula tingkat produktivitas artikel baik secara nasional maupun internasional.

"UMY merupakan perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik, sehingga semua komponen yang ada untuk penilaian dalam Webometrics ini dapat dipenuhi dengan nilai yang cukup tinggi," kata Wahyudi.

Ia menambahkan, kuliah daring yang berjalan sejak Maret 2020 memberi pengaruh sekitar 30 persen ke penilaian. Ini jadi indikasi informasi dan jurnal ilmiah yang didapat dari situs web UMY terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. "Semoga ke depannya dengan adanya pemeringkatan ini kita bisa mempertahankan, bahkan meningkatkan kekuatan IT kita untuk mengeloa situs web UMY," ujar Wahyudi. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA