Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

ESDM: Smart Grid Masuk PSN 2020

Ahad 02 Aug 2020 08:28 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha

Kementerian ESDM mengatakan proyek Smart Grid sudah masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020.

Kementerian ESDM mengatakan proyek Smart Grid sudah masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020.

Foto: PLN
Penggunaan smart grid bertujuan untuk peningkatan efisiensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian ESDM mengatakan proyek Smart Grid sudah masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020. Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu menjelaskan teknologi smart grid yang direncanakan akan dilakukan di tahun ini oleh PT PLN pada sistem Jawa-Bali.

"Smart grid ini banyak (jenisnya), yang penting dia jaringan cerdas, cerdasnya itu artinya bisa pembagkitnya, bisa pada komunikasi antara pelanggan dengan pengatur bebannya. Jadi bisa di hulunya dan bisa di hilirnya. Nah, untuk smart grid ini sebenarnya sudah kita masukkan di dalam PSN, dan PLN sendiri sudah merencanakan untuk segera dilaksanakan di sistem Jawa-Bali di tahun 2020 ini. Memang sudah ada beberapa percontohan yang sudah dilaksanakan," jelas Jisman, Ahad (2/8).

Penggunaan smart grid bertujuan untuk peningkatan efisiensi. Jisman mencontohkan, jika ada komunikasi dari seluruh pelanggan ke pengatur beban atau pemilik jaringan, bahwa di waktu tertentu hanya menggunakan listrik dengan jumlah tertentu, maka pengelola sudah bisa memastikan dalam waktu tersebut hanya menyediakan sejumlah yang dibutuhkan.

"Kami berharap ke depan, yang smart grid ini bisa digunakan baik untuk di kota sendiri, yang ujung-ujungnya supaya ada peningkatan efisiensi," ujarnya.

"Ke depan nanti untuk daerah-daerah yang 3T bisa digunakan untuk sistem yang isolated, yang ada di pulau sehingga ada efisiensi yang terjadi di sana," tuturnya lagi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA