Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari

Ahad 02 Aug 2020 07:21 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Ada sejumlah minuman sehat yang mengandung kafein bagi mereka yang tak suka kopi (Foto: ilustrasi bangun pagi)

Ada sejumlah minuman sehat yang mengandung kafein bagi mereka yang tak suka kopi (Foto: ilustrasi bangun pagi)

Foto: PxHere
Ada sejumlah minuman sehat yang mengandung kafein bagi mereka yang tak suka kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi menjadi salah satu minuman favorit bagi sebagian orang untuk diminum di pagi hari. Hal itu karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat merevitalisasi energi, dan menyegarkan otak sehingga membuat kita siap menjalani hari.

Namun, bagi yang tak menyukai kopi, kopi tentu bukan pilihan utama. Meskipun dapat menyegarkan otak, sebagian orang lainnya merasakan dampak kopi, yaitu membuat jantung berdebar atau menimbulkan sakit lambung.

Dilansir di laman Livestrong, Ahad (2/8), ada sejumlah minuman sehat yang juga mengandung kafein. Minuman ini juga cocok untuk disajikan pada pag hari. Berikut sejumlah minuman berbahan dasar buah-buahan sehat yang cocok diminum di pagi hari.

Baca Juga

Smoothies Blueberry Matcha
Smoothie ini dibuat dengan menggunakan bubuk matcha dan juga buah blueberry. Kedua bahan dasar tersebut membawa banyak antioksidan pada minuman ini dan dijamin akan memberi peningkatan kafein.

 "Karena Anda mengonsumsi seluruh teh bubuk dari daun dan bukan hanya merendamnya dalam air, Anda mendapatkan sekitar tiga kali lipat kafein dari secangkir teh yang diseduh," kata penulis buku The Protein-Packed Breakfast Club, Lauren Harris-Pincus.

Namun demikian, jika Anda menderita aritmia, American College of Cardiology meminta Anda untuk berhati-hati.

Penelitian menunjukkan konsumsi kafein moderat umumnya yang aman dan bahkan dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung, maka asupan kafein harus dibatasi hingga 300 miligram per hari. Sebagai referensi, secangkir teh rata-rata mengandung antara 35 dan 55 miligram kafein.

photo
Ilustrasi smoothie - (Pixabay/StockSnap)

Smoothie oatmeal
Racikan minuman  ini akan membantu Anda sangat terjaga dan bertenaga di pagi hari. Sebab, oatmeal berada di peringkat nomor satu dalam daftar makanan penambah energi.

Rendah pada indeks glikemik, karbohidrat kompleks oatmeal menyajikan sumber energi yang tahan lama dan tidak dapat bertahan lama.  Belum lagi gandum dipenuhi dengan vitamin B, yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi. Gula alami dalam apel dan pir juga akan menawarkan sedikit rasa manis tanpa menimbulkan lonjakan gula darah.

 

Smoothies Ubi Jalar
Ubi jalar adalah bahan makanan yang menduduki nomor tiga dalam daftar makanan berenergi menurut Departemen Pertanian AS. Sebab, ubi jalar kaya akan karbohidrat kompleks, zat besi dan magnesium.

Tepung umbi ini memiliki rasa manis. Selain itu, memiliki banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk mengangkut lemak dan menghasilkan energi.

Smoothies Blueberry, Timun, dan Teh Hijau
Teh hijau dalam smoothie timun yang menghidrasi  ini mengandung sedikit kafein alami untuk meningkatkan energi tanpa efek samping gelisah dari kopi. Selain itu, teh herbal juga menawarkan catechin epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Senyawa itu adalah yang merupakan senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan yang kuat. Selain itu, senyawa itu memungkinkan untuk menjadi anti-kanker yang sedikit meningkatkan metabolisme.

Faktanya, penelitian pada Desember 2013 dalam Journal of Research in Medical Sciences, menyeruput empat cangkir teh hijau per hari terkait dengan penurunan yang signifikan dalam berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang dan tekanan darah sistolik.

Smoothies ini dapat ditambahkan sedikit lemak sehat dengan beberapa chia, biji rami atau rami atau alpukat yang tidak akan mengubah rasanya, untuk membuat smoothie ini lebih mengenyangkan. Beberapa protein tanpa rasa atau bubuk kolagen untuk meningkatkan faktor protein juga bisa ditambahkan ke dalam smoothies ini.

Matcha Latte dengan Susu Almond dan Madu
Jenis minuman ini sangat cocok bagi Anda yang suka minuman hangat pada menu sarapan. Krim matcha latte yang memiliki sedikit kafein akan mengangkat semangat dan energi.

Terlebih lagi, menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Food Research International edisi September 2017, secangkir teh matcha dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Para peneliti menyimpulkan konsumsi teh matcha sedang meningkatkan kinerja kognitif, khususnya pada ukuran kecepatan perhatian dan memori.

Minuman ini sama nikmatnya jika disajikan dengan menggunakan es, jika Anda suka minuman dingin.

 

Mint Cacao Nib Shake
Minuman kocok biji kakao mint ini memasok energi dan sangat bagus untuk kesehatan jantung dan otak. Smoothie mint yang menggiurkan ini akan membuat sedikit perm-permint pada langkah Anda.

Ditumpuk dengan bayam yang merupakan bahan makanan peringkat kedua penambah energi tertinggi, daun hijau ini menyediakan banyak mineral magnesium dan zat besi, yang penting dalam produksi energi.

Kafein alami dalam biji kakao juga akan memberikan sedikit peningkatan di pagi hari. Tetapi flavanol, yang merupakan nutrisi nabati yang kuat yang berada di kakao adalah bahan makanan yang bermanfaat bagi peremajaan tubuh.

Sebab, menurut Harvard Health Publishing, mereka dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, menangkal kerusakan sel, menggagalkan pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA