Ahad 02 Aug 2020 07:20 WIB

Menteri Pendidikan Zambia Dipecat karena Skandal Video Seks

Video seks dengan pria sangat mirip menteri pendidikan Zambia bocor di dunia maya

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Salah satu negara yang tidak berbatasan dengan laut, Zambia.
Foto: www.asherworldturns.com
Salah satu negara yang tidak berbatasan dengan laut, Zambia.

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAKA -- Presiden Zambia, Edgar Lungu, mengumumkan pemecatan  Menteri Pendidikan, Hon David Mabumba, yang sudah menjabat sejak 2016. Keputusan itu dilakukan akibat dugaan skandal video seks yang beredar di publik.

Beredar sebuah video seks seorang pria yang sangat mirip dengan pejabat itu bocor secara daring. "Saya telah membebaskan Menteri Pendidikan Umum Hon David Mabumba MP dari tugasnya dengan segera. Saya telah mengucapkan terima kasih kepadanya atas layanan yang diberikannya kepada Pemerintah dan mendoakannya dengan baik dalam usahanya di masa depan," ujar Lungu melalui akun Twitter pada 29 Juli.

Baca Juga

Dikutip dari SputnikNews, Lungu menjelaskan, pemecatan Mabumba dari jabatannya merupakan efek langsung tanpa memberikan alasan spesifik untuk keputusannya. Namun, pengumuman itu terjadi tidak lama setelah sebuah video seks yang menampilkan seseorang yang sangat mirip dengan Mabumba.

Video yang beredar di media sosial ini menunjukkan seorang pria telanjang melakukan hubungan seksual dan sexting dengan seorang perempuan di WhatsApp. Menurut media lokal, insiden itu terjadi selama langkah-langkah karantina wilayah yang diterapkan di seluruh negeri karena pandemi Covid-19.

Mabumba tidak secara terbuka mengomentari pemecatan atau mengkonfirmasi kehadirannya dalam klip video. Namun, istrinya membela suaminya di depan umum dan secara terbuka menyatakan cintanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement