Sabtu 01 Aug 2020 21:35 WIB

Akhir Juli BMKG Catat 21 Gempa di Sumatera Bagian Utara

21 kejadian gempa bumi tersebut, terdapat 1 kejadian gempa bumi yang dapat dirasakan.

Ilustrasi Gempa
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stasiun Geofisika BMKG Deliserdang (BMKG) mencatat sejak 24 hingga 30 Juli 2020 terjadi 21 kejadian gempa bumi di wilayah Sumaterabagian utara dan sekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Sumut, Teguh Rahayu yang dihubungi dari Medan, Sabtu, mengatakan dari 21 kejadian gempa bumi tersebut, 15 gempa bumi epicenter di darat sedangkan enam kejadian gempa bumi epicenter di laut.

Baca Juga

Besaran magnitudo bervariasi antara magnitudo 2,1 hingga magnitudo 4,9 dengan kedalaman gempa bumi antara 3 km hingga 107 km.

Ia mengatakan dari 21 kejadian gempa bumi tersebut, terdapat 1 kejadian gempa bumi yang dapat dirasakan. Gempa bumi tersebut terjadi Senin (27/7) pukul 05.01 WIB.

Hasil analisis menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update magnitudo 4,9.

Dengan episenter terletak pada koordinat 0.60 LU dan 98.61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah Timur Laut Nias Selatan, Sumatera Utara, pada kedalaman 51 km.

Menurut dia, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Aek Godang, Sumatera Utara dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement