Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Stadion Olimpiade Tokyo Gelar Kejuaraan Atletik 23 Agustus

Sabtu 01 Aug 2020 21:07 WIB

Red: Endro Yuwanto

Pekerja melakukan pembangunan Stadion Nasional baru di Tokyo, Jepang. Stadion ini akan menjadi arena utama untuk pembukaan dan penutupan Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur pada 2021..

Pekerja melakukan pembangunan Stadion Nasional baru di Tokyo, Jepang. Stadion ini akan menjadi arena utama untuk pembukaan dan penutupan Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur pada 2021..

Foto: EPA/KIMIMASA MAYAMA
Event itu hanya akan diikuti atlet Jepang dan atlet yang sedang berlatih di Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stadion Olimpiade Tokyo untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah pergelaran kejuaraan atletik pada 23 Agustus, tepat dua pekan setelah cabang atletik di Olimpiade Tokyo 2020 seharusnya berakhir. Kejuaraan tersebut nantinya hanya akan diikuti oleh atlet Jepang ataupun atlet-atlet yang sedang berlatih di Negeri Matahari Terbit.

“Dengan pembatasan perjalanan yang berlaku, kejuaraan ini akan menjadi kejuaraan nasional. Tapi atlet Kenya dan Ethiopia yang membela klub profesional Jepang dipersilakan untuk ambil bagian,” kata World Athletics dalam pernyataan resminya, seperti dikutip AFP, Sabtu (1/8).

Sebanyak lima dari 11 atlet putra tercepat di Jepang juga dikatakan akan turut serta dalam nomor lari 100 meter.

Kejuaraan nasional tersebut akan menampilkan sembilan nomor pertandingan lari, baik untuk putra maupun putri, dengan tujuh nomor tambahan untuk lempar lembing dan lompat jauh.

Sebelumnya, penggunaan Stadion Nasional Tokyo seharusnya secara resmi dilakukan pertama kali untuk ajang sepak bola Piala Kaisar pada 1 Januari sebagai agenda olahraga Jepang pada tahun baru.

Stadion juga semestinya digunakan sebagai lokasi kejuaraan Golden Grand Prix of Tokyo yang dijadwalkan 10 Mei, sebelum acara puncak, yakni kompetisi cabang atletik di Olimpiade Tokyo yang sedianya berlangsung 24 Juli-9 Agustus.

Pembangunan stadion telah dimulai sejak Desember 2016 dan rampung pada November 2019.

Stadion Nasional Tokyo, yang bakal menjadi pusat kegiatan olimpiade itu, telah menelan biaya lebih dari 1,25 miliar dolar AS. Stadion akan digunakan sebagai tempat kompetisi cabang olahraga atletik dan sepak bola selama pesta olahraga empat tahunan nanti.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA