Sabtu 01 Aug 2020 16:55 WIB

RU VI Balongan Salurkan Daging Qurban ke 48 Lokasi

Penyembelihan melibatkan tim jagal profesional  dengan menjalankan protokol kesehatan

Pertamina menyalurkan daging kurban kepada warga di 48 lokasi wilayah operasi sekitar kilang RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu.
Foto: Hupmas Pertamina RU VI Balongan
Pertamina menyalurkan daging kurban kepada warga di 48 lokasi wilayah operasi sekitar kilang RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H, Pertamina menyalurkan daging qurban untuk masyarakat di 48 lokasi sekitar daerah  operasi  kilang Balongan dan Perumahan Bumi Patra. Meliputi Kecamatan Balongan, Kecamatan Indramayu, Sindang, Juntinyuat, Salamdarma, serta kepada sejumlah pondok pesantren dan rumah yatim di sekitar Indramayu.

Selain masyarakat tetangga kilang dan perumahan, daging qurban juga dibagikan kepada para asisten rumah tangga (ART), tukang becak, petugas potong rumput hingga petugas kebersihan yang biasa bekerja di Perumahan Bumi.

Daging qurban yang disalurkan berupa daging sapi dan kambing yang dihimpun dari 4 (empat) Masjid yang dikelola Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI Balongan. Pada tahun ini, BDI RU VI Balongan menerima hewan qurban dari para mustahiq yang merupakan para pekerja RU VI dan keluarga. Jumlah totalnya sebanyak 105 ekor hewan kurban. Terdiri dari 21 ekor sapi dan 84 ekor kambing. 

General Manager Pertamina RU VI Balongan Hendri Agustian mengatakan, hikmah dari berbagi daging hewan kurban kepada masyarakat, khususnya yang kurang mampu, memiliki makna pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, maupun pikiran yang menguji keikhlasan umat manusia.

“Semoga pekerja RU VI dan keluarga yang melakukan kurban pada tahun ini diberikan pahala yang berlimpah oleh Allah SWT dan masyarakat yang menerimanya pun mendapat berkah”, ucap Hendri dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (1/8).

Hendri berharap, kehadiran Pertamina melalui penyaluran daging qurban ini bisa memberikan manfaat  untuk masyarakat Indramayu di tengah Pandemi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BDI RU VI Balongan Asrinur mengungkapkan, hampir seluruh hewan qurban disembelih di halaman Masjid Sabilul Muttaqien Bumi Patra yang melibatkan tim jagal profesional dari pihak extrenal.

“Dari total hewan qurban yang kami terima, kami (panitia) hanya melakukan penyembelihan hingga  penyincangan sebanyak 10 ekor sapi dan 42 kambing saja, sisanya langsung dikirim ke beberapa tempat setelah disembelih”, ujar Asrinur.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina RU VI Balongan Eko Kristiawan mengungkapkan, dalam mendistribusikan daging qurban ini panitia melibatkan DKM dari masjid masing-masing desa agar prosesnya lebih tertib dan terkoordinasi.

“Seluruh proses penyembelihan hingga pendistribusian qurban tetap mentaati protokol  Covid-19 yang berlaku di perusahaan, baik itu keharusan mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, penggunaan masker, menjaga jarak, hingga melakukan rapid test untuk tim jagal di bawah pengawasan tim medis," ungkap Eko.

Ungkapan terima kasih dituturkan Udi, warga Desa Sukareja yang merasa senang karena masyarakat yang tinggal di desanya tahun ini  Kembali menerima daging qurban berupa 1 ekor sapi dari Pertamina RU VI Balongan. “Alhamdulillah, terima kasih Pertamina RU VI Balongan, masyarakat kami senang mendapat berkah daging qurban lagi tahun ini”, ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement