Sabtu 01 Aug 2020 16:34 WIB

Remaja 17 Tahun Diduga Retas Akun Twitter Obama Cs

Akun twitter pesohor dunia menjadi korban peretasan.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter
Foto: AP Photo/Richard Drew
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, TALLAHASSEE — Kepolisian Florida, Amerika Serikat (AS) menangkap seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun yang diduga adalah dalang di balik peretasan akun media sosial Twitter milik sejumlah publik figur. Dalam peretasan tersebut, terdapat penipuan yang dilaporkan menyebabkan kerugian hingga 100.000 dolar AS. Seorang jaksa mengidentifikasi sebagai Graham Clark dengan 30 tuduhan kejahatan.

“Clark adalah berusia 17 tahun yang baru lulus sekolah menengah, tetapi jangan salah, ia bukan anak berusia 17 tahun tahun yang biasa,” ujar pernyataan jaksa untuk wilayah Florida, Andrew Warren, dilansir ABC, Sabtu (1/8).

Baca Juga

Salah satu tindakan peretasan yang dilakukan Clark adalah mengirimkan cicitan palsu di akun Twitter miliki Barack Obama, Joe Biden, Mike Bloomberg dan sejumlah pengusaha sepeti CEO Amazon Jeff Bezos, co-founder Microsoft Bill Gates dan CEO Tesla Elon Musk. Tak hanya itu, akun milik rapper Kanye West dan istrinya, Kim Kardashian juga termasuk yang dibajak.

Dalam cicitan palsu tersebut, akun-akun menulis untuk mengirimkan uang sebesar 2.000 dolar AS, di mana 1.000 dolar AS dikirimkan ke alamat Bitcoin yang anonim. Menurut jaksa, selama ini pelaku peretasan seperti Clark meyakini bahwa pembajakan di media sosial dapat dilakukan secara anonim dan tanpa konsekuensi.

Seperti dalam kasus peretasan sebelumnya, yang dilakukan oleh Mason Sheppard berusia 19 tahun dari Bogner Regis di Inggris, yang menggunakan alias Chaewon, juga didakwa melakukan penipuan dan pencucian uang. Kemudian ada Nima Fazeli berusia 22 tahun yang berkantor pusat di Orlando, dijuluki Rolex, dituduh membantu dan bersekongkol dalam kejahatan tersebut.

Para ahli keamanan tidak terkejut bahwa dalang yang diduga sebagai peretas adalah seorang anak berusia 17 tahun, mengingat tindakannya yang relatif amatir. Jake Williams, pendiri perusahaan keamanan dunia maya Rendition Infosec mengatakan bahwa ini adalah studi kasus besar yang menunjukkan bagaimana teknologi mendemokratisasikan kemampuan untuk melakukan tindakan kriminal yang serius.

Williams mengatakan para peretas sangat ceroboh dalam cara mereka memindahkan Bitcoin. Tidak terlihat bahwa ketiganya menggunakan layanan apa pun yang membuat cryptocurrency sulit dilacak dengan menjatuhkan transaksi beberapa pengguna, sebuah teknik yang mirip dengan pencucian uang.

Williams juga mengatakan bertentangan tentang apakah Clark harus didakwa sebagai orang dewasa. Ia layak membayar perbuatannya karena memanfaatkan kesempatan dan berpotensi menjalani hukuman puluhan tahun penjara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement