Sabtu 01 Aug 2020 12:58 WIB

32.632 Hewan Qurban di Sembelih di Sumbar

Pandemi tidak mengurangi kegiatan ibadah qurban di Sumatra Barat,

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Panitia memotong daging hewan qurban sebelum dibagikan kepada mustahik. ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Panitia memotong daging hewan qurban sebelum dibagikan kepada mustahik. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatra Barat Hendri mengatakan pada momen Idul Adha 1441 H ini terdapat 32.632 hewan qurban yang disembelih dan disebarkan ke masyarakat. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 29.204 ekor sapi, 3.119 ekor kambing, dan 329 ekor kerbang.

"Ini bukti bahwa masa pandemi tidak mengurangi kegiatan ibadah qurban di Sumatra Barat," kata Hendri, Sabtu (1/8).

Baca Juga

Hendri menjelaskan semua hewan ternak ini sudah disebarkan dan dikelola oleh masing-masing pengurus masjid dan panitia di seluruh desa dan nagari di Sumbar.

Sementara itu hari ini, Pemprov Sumbar bersama Kakanwil Kemenag, Kadis Peternakan dan Kabiro Bintal dan bèberapa OPD dilingkup pemprov Sumbar menyerahkan Sapi Qurban Presiden RI Joko Widodo kepada ketua pengurus Mesjid Raya Sumatra Barat Sobhan Lubis.

Sapi kurban dari Presiden RI ini seberat 1,2 ton. Sapi ini berasal dari peternak asal Kabupaten Solok. Sapi ini dipilih setelah seleksi yang ketat oleh Dinas Peternakan Sumbar.

Gubernur Sumbar menyebutkan momentum hari Raya Idul Adha ini juga menjadi berkah bagi peternak dan berimplikasi kepada perekonomian masyarakat. Pemprov Sumbar mencatat perputaran uang dalam transaksi hewan kurban di Sumbar sekitar Rp 700 miliar.

"Kita menyambut baik ini kegiatan selain memberi gairah terhadap peternak Sumbar walaupun masa pandemi covid 19, motivasi semangat ibadah qurban masyarakat sangat tinggi. Dan ini terlihat dari perputaran uang beredar sebesar 700 miliar tahun ini dalam kegiatan jual beli ternak di Sumatra Barat," ucap Irwan Prayitno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement