Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

HRSC Seri Ketiga Digelar di Sirkuit Silverstone

Sabtu 01 Aug 2020 14:42 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Honda menggelar Honda Racing Simulator Championship (HRSC) yang merupakan balap virtual pertama yang digelar oleh pabrikan di Indonesia.

Honda menggelar Honda Racing Simulator Championship (HRSC) yang merupakan balap virtual pertama yang digelar oleh pabrikan di Indonesia.

Foto: dok HPM
Ajang balapan bisa disaksikan di akun Youtube dan Faceook Hondaisme pada pukul 20.00.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerjasama dengan HM Engineering menggelar Honda Racing Simulator Championship (HRSC). Saat ini, gelaran itu pun telah memasuki seri ketiga yang akan mengajak para simulator racer (simracer) untuk berlaga di sirkuit Silverstone.

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy mengatakan, kompetisi itu akan diadakan pada tanggal 1 Agustus 2020 dan dapat ditonton pada akun Youtube dan Facebook official Hondaisme pada pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

“Pada seri kedua minggu lalu para simracer berlaga dengan sangat antusias dan terlihat dari selisih waktu yang sangat tipis serta nama-nama baru yang muncul di sepuluh besar. Kali ini kami akan membawa para peserta berlaga di sirkuit virtual baru yakni sirkuit Silverstone, semoga mereka dapat terus memberikan performa terbaiknya untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya," kata Billy dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (31/7).

Pada kelas Amateur, Riyan Adisaputra yang pada seri pertama lalu tidak masuk di sepuluh besar secara tak terduga dapat langsung menaiki posisi puncak dengan catatan waktu 22 menit 9.834 detik di seri kedua dengan perolehan 25 poin. Sedangkan Alfan Dani diposisi kedua berhasil naik satu podium dengan catatan waktu hanya berbeda 00.417 detik dengan Riyan dan mendapatkan 20 poin tambahan.

Selain itu, Raditya Hendarmo juga berhasil naik ke posisi ketiga dengan perolehan waktu 22 menit 15.447 detik dengan tambahan poin sebanyak 16 poin.

Sedangkan pada kelas Professional, Andika Rama Maulana masih bertahan diposisi puncak dengan perolehan waktu 41 menit 57.941 detik sehingga membuatnya kembali mendapatkan 25 poin tambahan. Begitu pula dengan Jaka Siswoyo yang berlaga dengan sangat sengit sehingga menghasilkan selisih waktu hanya berbeda 00.015 detik dengan Rama Maulana yang membuatnya mendapatkan 20 poin tambahan.

Di posisi ketiga pun masih diduduki Ferris Stanley dengan catatan waktu 41 menit 58.733 detik dengan 16 poin tambahan.

HRSC merupakan ajang yang telah diperkenalkan oleh Honda pada Juni lalu dan jadi ajang balap simulator pertama yang digelar oleh pabrikan otomotif di Indonesia. Lomba balap touring virtual ini langsung menarik perhatian dari para pecinta balap dan game di Indonesia, dimana lebih dari 200 pendaftar ambil bagian dalam babak kualifikasi yang digelar sejak tanggal 15 Juni sampai 4 Juli 2020.

Saat ini, sebanyak 60 pebalap telah ambil bagian dalam ajang HRSC yang telah digelar sebanyak dua seri di sirkuit virtual Suzuka dan Sepang. Seri-seri lanjutan dari HRSC akan kembali digelar pada setiap akhir pekan denhan mengambil tempat di berbagai sirkuit virtual Internasional hingga seri final pada 29 Agustus 2020.

Tak hanya balap touring virtual, Honda juga akan memperkenalkan sebuah game balap Drift berbasis aplikasi mobile game. Game bertajuk “Brio Virtual Drift Challenge” yang menyajikan keseruan sebuah kompetisi Drifting menggunakan Honda Brio itu sendiri akan diluncurkan pada bulan Agustus 2020 mendatang.

“Sesuai dengan semangat Everyone Can Race yang kami usung, kami percaya bahwa platform digital dapat membawa kesenangan balap ke lebih banyak orang, terutama pada masa pandemi yang menyebabkan banyak pembatasan aktivitas di luar ruangan,” ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA