Tuesday, 21 Zulhijjah 1441 / 11 August 2020

Tuesday, 21 Zulhijjah 1441 / 11 August 2020

Ratusan Warga di Aceh Barat Masih Mengungsi Akibat Banjir

Sabtu 01 Aug 2020 06:12 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Sebanyak 524 warga di Aceh Barat mengungsi karena banjir setinggi satu meter. Ilustrasi.

Sebanyak 524 warga di Aceh Barat mengungsi karena banjir setinggi satu meter. Ilustrasi.

Foto: ANTARA/JOJON
Sebanyak 524 warga di Aceh Barat mengungsi karena banjir setinggi satu meter

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH - Sebanyak 524 warga di dua desa di Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, hingga Jumat malam masih mengungsi. Mereka mengungsi karena ketinggian air di permukiman warga dan badan jalan mencapai satu meter.

Warga yang masih mengungsi tersebut masing-masing di Desa Karang Hampa 135 jiwa atau 34 kepala keluarga (KK) dan di Desa Gunong Pulo 389 jiwa atau 115 kepala keluarga. Keterangan ini disampaikan pejabat BPBD Aceh Barat, Zakaria, Jumat malam di Meulaboh.

Ia menjelaskan mereka mengungsi karena badan jalan menuju ke permukiman warga terendam air setinggi satu meter, termasuk di beberapa permukiman masyarakat. Sedangkan masyarakat yang rumahnya terendam air, kata Zakaria, lebih memilih untuk mengungsi ke rumah tetangga atau sanak saudara yang lain.

Zakaria juga menjelaskan banjir ini juga menyebabkan aktivitas masyarakat di Desa Karang Hampa dan Gunong Pulo, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat lumpuh total. “Sebagian besar masyarakat hanya bertahan di rumah masing-masing karena kebun dan lahan pertanian warga ikut terendam air,” jelas Zakaria.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus berupaya mendistribusikan bantuan kepada masyarakat di dua desa tersebut. "Diharapkan semua kebutuhan masyarakat selama musibah ini segera teratasi," kata Zakaria.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA