Tuesday, 21 Zulhijjah 1441 / 11 August 2020

Tuesday, 21 Zulhijjah 1441 / 11 August 2020

Iwan Bule Bolak-balik Pantau TC Timnas Indonesia

Jumat 31 Jul 2020 20:30 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan.

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Para pemain timnas U-19 dan senior semua dalam keadaan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga kali dalam sepekan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bertemu dengan para pemain dua tim nasional (timnas) Indonesia, senior dan U-19. Dua timnas ini menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

“Hari ini saya hadir kembali di Hotel Faimont, tempat para pemain timnas menginap untuk memastikan kembali kesehatan anak-anak yang akan mulai menjalankan latihan di lapangan pada 1 Agustus,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (31/7).

Didampingi Kepala Dokter PSSI dan timnas, Syarif Alwi, Iwan menjelaskan bahwa kondisi para pemain timnas U-19 dan senior semua dalam keadaan sehat. “Dengan demikian pada Sabtu, kami harapkan para pemain dapat mengikuti latihan perdana di lapangan dipimpin Shin Tae Yong. Pada TC kali ini, kami memang sangat concern pada protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujarnya.

Iwan mengucapkan terima kasih pada tim kedokteran PSSI dan RS Proyal Progress, Jakarta, yang telah membantu memfasilitasi proses rapid dan swab bagi para pemain timnas.

Iwan menyatakan, PSSI telah berdiskusi dengan Shin Tae Yong terkait road map kepelatihan timnas. PSSI juga terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Korea Selatan (Korsel), terutama untuk mematangkan rencana pelatnas timnas U-19 di Negeri Ginseng tersebut.

“Kami memastikan kerja sama dengan Korsel, agar saat timnas ke sana tak perlu menjalani isolasi selama 14 hari, karena di sini pun pemain sudah terbukti sehat semua, dan hasil swabnya pun ada. Harapannya, begitu tiba di sana bisa langsung latihan sehingga pemain tak terlalu jenuh berada di dalam ruangan saja,” jelas Iwan.

Dokter Syarif menjelaskan, tes hari ini merupakan yang keempat dijalani para pemain. “Sebelum berangkat, mereka menjalani tes di daerah masing-masing, kemudian di lokasi TC ini, para pemain sudah melakukan sekali rapid test dan dua kali swab,” paparnya.

Pada pemusatan latihan kali ini, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 29 pemain senior dan 46 pemain U-19. TC ini rencananya berlangsung hingga 8 Agustus 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Satu per satu anggota timnas, dimulai dari timnas U-19 dan berlanjut ke timnas Senior, tampak menjalani tes swab dengan protokol kesehatan sangat ketat, Kamis (30/7) lalu. Para penggawa Garuda dipanggil dari kamar secara bergelombang, dengan memperhatikan jarak antarpemain, menggunakan masker dan disinfektan.

Berturut-turut hadir para pemain timnas U-19, seperti Mochammad Supriadi, Sutan Diego, Beckham Putra, dan Saddam Gaffar. Juga nampak Elkan Baggot, pemain asal klub Ipswich Town, Inggris.

Dari deretan pemain timnas senior tampak antara lain Evan Dimas, Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Febri Hariyadi, dan Ryuji Utomo. Terlihat juga Egy Maulana Vikri, pemain asal klub Lechia Gdanks, yang menempuh perjalanan belasan jam dari Polandia untuk mengikuti pelatnas kali ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA