Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Nathan Ake Datang, Stones Jadi Korban

Jumat 31 Jul 2020 19:35 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita

John Stones, bek Manchester City

John Stones, bek Manchester City

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
City akan melepas Stones karena selangkah lagi mendapatkan Nathan Ake. 

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City dikabarkan tinggal selangkah lagi mendapatkan bek tengan Bournemouth, Nathan Ake. The Cherries dilaporkan telah menerima tawaran City, yang siap menebus pemain bertahan asal Belanda itu dengan nilai transfer mencapai 40 juta poundsterling.

Baca Juga

Dengan kian dekatnya Ake ke Stadion Etihad, City disebut-sebut sedang bersiap melepas salah satu pemain bertahan miliknya pada bursa transfer musim panas mendatang. Salah satu pemain yang digadang-gadang bakal dilepas City adalah bek asal Inggris, John Stones.

Performa Stones pada musim ini memang tidak terlalu memuaskan. Bek tengah berusia 26 tahun itu dianggap tidak mampu menggantikan peran Aymeric Laporte, yang mengalami cedera dan mesti absen panjang. Akibat inkonsistensi performa dan sempat mengalami cedera, Stones hanya mengemas 16 penampilan dan hanya tampil sebagai starter di 12 laga di pentas Liga Primer Inggris musim ini. 

Bahkan, di tujuh laga terakhir City di pentas Liga Primer Inggris, eks bek tengah Everton itu merumput di empat laga dan sisanya hanya penghangat bangku cadangan. Kondisi ini pun membuat Stones kian dekat dengan pintu keluar dari The Citizen. Bahkan, meski Stones masih memiliki kontrak hingga 2022, tapi City siap melepas Stones pada bursa transfer musim panas mendatang.

photo
Pemain Bournemouth Nathan Ake ketika berebut bola dengan penyerang Liverpool Mohamed Salah. - (REUTERS/Phil Noble )

''Kendati didatangkan City dengan nilai transfer mencapai 47.5 juta pound pada 2016, karier Stones di City sepertinya akan segera berakhir. Meski kontraknya di City baru akan berakhir pada 2022, tapi City dikabarkan siap melepas Stones dengan nilai transfer tidak lebih dari 20 juta pound,'' tulis laporan The Sun, Jumat (31/7).

Situasi Stones di City ini pun coba dimanfaatkan oleh West Ham. Pelatih West Ham United, David Moyes, disebut-sebut tertarik untuk bereuni dengan Stones. Bek timnas Inggris itu merupakan salah satu pemain yang didatangan Moyes masih membesut Everton pada 2013 silam. Pada saat itu, Stones direkrut dari Barnsley dengan nilai transfer mencapai tiga juta pound.

Namun, West Ham bukan satu-satunya klub yang disebut-sebut tengah mengincar Stones. Arsenal turut dilaporkan menjadi klub yang berminat menampung Stones. Namun, sebelum merekrut Stones, Arsenal sempat disarankan untuk menjual pemain terlebih dahulu guna menyeimbangkan neraca keuangan mereka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA