Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Zaskia Adya Mecca: Hanung Jadi Imam di Sholat Id di Rumah

Jumat 31 Jul 2020 18:50 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Aktris Zaskia Adya Mecca belum berani sholat Idul Adha di luar rumah.

Aktris Zaskia Adya Mecca belum berani sholat Idul Adha di luar rumah.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Zaskia Adya Mecca merasa keluarga intinya lebih intim saat sholat Id di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hari raya Idul Adha biasa menjadi memon berkumpul bagi keluarga besar Zaskia Adya Mecca. Perayaan diawali dengan sholat Id bersama, kemudian sang suami, Hanung Bramantyo, memotong hewan qurban disaksikan anak-anak.

Setelah membagi-bagikan hewan qurban, Zaskia dan keluarga besar berkumpul dan pesta barbeku Namun, situasi pandemi Covid-19 membuat Idul Adha sedikit berbeda bagi ibu enam anak itu.

"Nggak bisa kumpul seramai biasanya sama semua demi kepentingan bersama. Eitss, tapi bukan berarti tradisi BBQ-an jadi hilang sih,” kata Zaskia dalam akun Instagram pribadinya, Jumat (31/7).

Baca Juga


Meskipun merayakan Idul Adha dalam suasana berbeda, Zaskia mengatakan, ia masih bisa berkumpul bersama keluarga besar dengan cara virtual. Dia menyakini banyak cara menikmati Idul Adha di tengah pandemi.

Seperti perayaan Idul Fitri, keluarga Zaskia melaksanakan sholat Id di rumah saja. Hanung berkesempatan menjadi imam sholat Id.

Meskipun sudah banyak orang yang berani sholat di luar rumah, seperti lapangan dan masjid dengan protokol kesehatan, Zaskia dan keluarga memilih beribadah di rumah saja. Alasannya, kini, jumlah orang yang terinfeksi virus corona jauh lebih tinggi daripada saat Idul Fitri.

"Allah SWT sudah memberikan solusi juga kemudahan buat beribadah di rumah, ditambah situasi belum membaik, kami ambil positifnya, jadi lebih bisa semakin intimate dengan keluarga inti,” tulis Zaskia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA