Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

UEA Buka Fasilitas Pendaftaran Relawan Uji Vaksin Covid-19

Jumat 31 Jul 2020 11:53 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah

UEA Buka Fasilitas Pendaftaran Relawan Vaksin Covid-19. Fasilitas Adnec untuk relawan uji coba vaksin Covid-19 Uni Emirat Arab (UEA).

UEA Buka Fasilitas Pendaftaran Relawan Vaksin Covid-19. Fasilitas Adnec untuk relawan uji coba vaksin Covid-19 Uni Emirat Arab (UEA).

Foto: Khaleej Times
Fasilitas relawan uji coba vaksin Covid-19 hanya untuk penduduk Abu Dhabi.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Warga yang ingin menjadi sukarelawan untuk uji coba vaksin Covid-19 Uni Emirat Arab (UEA) yang sedang berlangsung sekarang dapat mendaftar secara langsung. Sukarelawan dapat mendaftar di fasilitas walk-in baru yang didirikan di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi (Adnec).

Melalui fasilitas baru ini, relawan di Abu Dhabi dapat diskrining di tempat. Jika mereka memenuhi syarat, mereka dapat diundang untuk kembali dalam beberapa hari untuk mendapat suntikan vaksin pertama. 

Baca Juga

Fasilitas ini akan buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 20.00, termasuk hari libur Idul Adha kecuali pada hari pertama Lebaran pada Jumat (31/7), dilansir di Khaleej Times. Relawan harus berusia 18 hingga 60 tahun tanpa masalah medis serius yang mendasari dan tanpa infeksi Covid-19 sebelumnya. Fasilitas Adnec akan terbuka hanya untuk penduduk Abu Dhabi.

Vaksin yang digunakan dalam uji coba telah dikembangkan oleh raksasa farmasi Sinopharm CNBG, dan itu adalah vaksin Covid-19 pertama yang tidak aktif yang memasuki fase ketiga dari proses tersebut. Vaksin ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan selama uji coba tahap pertama dan kedua di China.

Di UAE, uji klinis Fase 3 telah dimulai pada 16 Juli dengan ribuan orang mendaftar untuk program ini melalui situs 4humanity.ae. Meskipun jumlah target sukarelawan untuk percobaan ditempatkan di 15 ribu, otoritas kesehatan telah melaporkan 10 ribu telah mendaftar hanya beberapa hari setelah peluncuran program.

G42 Healthcare yang berbasis di Abu Dhabi mengelola proses di bawah pengawasan Departemen Kesehatan Abu Dhabi dan berkoordinasi dengan Layanan Kesehatan Abu Dhabi (Seha), yang staf spesialisnya menjalankan operasi di lokasi. Segera, fasilitas serupa akan didirikan di seluruh UEA. Baru-baru ini, pihak berwenang telah mengonfirmasi koordinasi sedang berlangsung untuk membuka uji coba kepada sukarelawan dari seluruh UEA.

CEO G42 Healthcare Ashish Koshy pada Rabu (29/7) mengatakan mereka sekarang tengah mempertimbangkan untuk mendirikan situs serupa di bagian lain dari UEA untuk meningkatkan kenyamanan bagi sukarelawan. "Ada tanggapan luar biasa dari publik UEA untuk menjadi sukarelawan dan berpartisipasi dalam program 4 Humanity. Fasilitas baru di Adnec ini dibangun khusus untuk standar tertinggi dan akan memastikan waktu penyelesaian yang cepat dalam menanggapi banyaknya jumlah pendaftaran yang telah diterima," kata Koshy.

Individu yang telah mendaftar secara online tetapi belum memiliki panggilan tindak lanjut juga dapat mengunjungi klinik keliling Adnec untuk skrining di tempat. Mereka mungkin mendapatkan vaksinasi pertama tiga hari setelah menerima tes negatif untuk Covid-19.

"Fasilitas ini dapat menampung hingga 800 sukarelawan setiap hari," kata Nawal Ahmed Alkaabi, peneliti utama UEA di Sheikh Khalifa Medical City, CMO dan ketua Komite Manajemen Klinis Covid-19 Nasional.

Tim perawat, administrator, profesional perawatan kesehatan, dan sukarelawan dari Seha mengelola proses pendaftaran dan penyaringan serta mengelola vaksin. "Adnec adalah lokasi yang nyaman dan dapat diakses untuk dijangkau oleh masyarakat Abu Dhabi. Ini juga akan memungkinkan kami untuk melanjutkan dan mengelola proses pendaftaran, skrining, dan uji coba selama liburan Idul Adha," kata Alkaabi.

Signage 4Humanity bermerek telah dipasang di ADNEC untuk memastikan relawan dapat dengan cepat dan mudah menemukan meja registrasi dan dibawa melalui berbagai langkah proses uji coba.

Staf di lokasi dari Seha juga akan membantu sukarelawan menjaga protokol jarak sosial yang sesuai selama kunjungan mereka.

https://www.khaleejtimes.com/coronavirus-pandemic/residents-can-now-walk-in-to-volunteer-for-uaes-covid-19-vaccine-trials

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA