Jumat 31 Jul 2020 11:26 WIB

Terapkan Protokol Kesehatan, MASK Gelar Sholat Idul Adha

Tahun ini MASK tidak mengadakan pemotongan dan pembagian hewan qurban.

Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), H M Aksa Mahmud (kanan-depan) dan Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Syafruddin (kiri-depan).
Foto: Dok MASK
Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), H M Aksa Mahmud (kanan-depan) dan Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Syafruddin (kiri-depan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) menggelar sholat Idul Adha 1441 H. Pelaksanaan sholat dimulai  pukul 07.00 WIB yang diikuti oleh warga Menteng,  Jakarta Pusat  dan sekitarnya.

Sholat Idul Adha itu dipimpin  imam Syekh Essam Al Mizgagi. Adapun khutbah Idul Adha disampaikan oleh  khatib Dr  KH Ali Hasan Bahar MA.

photo
Syekh Essam Al Mizgagi memimpin pelaksanaan sholat Idul Adha 141 H di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat.  (Foto: Dok MASK)

“Alhamdulillah, sholat Idul Adha 1441 Hijriah dapat diselenggarakan di Masjid Agung Sunda Kelapa,  di tengah pandemi Covid-19. Untuk pelaksanaan sholat Id ini, kita tetap menggunakan protokol kesehatan dan kami menghimbau kepada jamaah membawa sajadah, perlengkapan sholat masing-masing, berwudhu dari rumah dan menggunakan masker serta mencuci tangan,” kata Ketua Dewan Pengurus MASK, H M Aksa Mahmud dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sebelum  masuk ke area MASK,  semua jamaah diberlakukan pengukuran suhu tubuh. Mereka juga diminta  menjaga jarak sholat seperti yang sudah diberi tanda oleh panitia.  “Kami juga meminta kepada jamaah untuk mengindari kerumunan dalam waktu lama dan tidak melakukan jabat tangan setelah sholat,” paparnya. 

 

Dalam khutbahnya, Dr KH Ali Hasan Bahar  menyampaikan bahwa ibadah haji adalah ibadah yang disyariatkan oleh Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih putranya yang bernama Ismail, sebagi bentuk ketaatan menjalankan perintah kepada Allah SWT. 

photo
Dr KH Ali Hasan Bakar MA menyampaikan khutbah di acara sholat Idul Adha Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat.  (Foto: Dok MASK)

“Kita umat Islam saat ini dapat memaknai dengan melakukan ibadah haji dan dianjurkan untuk berqurban, sebagai bentuk pengorbanan sekaligus berbagi kepada sesama di tengah kondisi kesulitan yang disebabkan oleh wabah Covid-19,” kata Ali Hasan Bahar.

Sholat Idul Adha di MASK juga dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Polisi Purnawirawan Drs  Syafruddin Kambo MSi,  dan sesepuh Menteng, Abdul Hakim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement