Jumat 31 Jul 2020 00:25 WIB

Senat akan Interogasi Pompeo

Masalah perselisihan AS dan China adalah satu isu yang ditanyakan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Washington.
Foto: AP Photo/Sait Serkan Gurbuz
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Washington.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Anggota Senat Amerika Serikat (AS) berharap bisa mengundang Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, untuk menjelaskan beberapa isu, Kamis (30/7) waktu setempat. Masalah yang perlu diterangkan mulai dari kesepakatan dengan China dan Rusia, keputusan untuk memindahkan pasukan dari Jerman, dan mengekspor senjata.

Pompeo akan memberikan keterangan di sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat untuk pertama kalinya dalam 15 bulan terakhir. Kehadirannya dalam agenda membahas permintaan anggaran tahunan Departemen Luar Negeri.

Komite Hubungan Luar Negeri Demokrat mengeluarkan laporan pekan ini yang mengkritik kepemimpinan Pompeo pada kementeriannya. Dia dinilai telah merusak kemampuan departemen dengan memperlakukan diplomat karier secara buruk, dan mempromosikan budaya pembalasan.

“Ini bukan hanya tentang serangan terhadap satu agen federal; ini adalah penghinaan terhadap nilai-nilai dan kepemimpinan Amerika, dan menempatkan keamanan nasional kita dalam bahaya,” kata Senator  Demokrat dari panel hubungan luar negeri, Bob Menendez.

Sejumlah masalah lain yang akan disinggung adalah kondisi yang memburuk dengan China. Washington dan Beijing diketahui telah menutup salah satu konsulat dan Pompeo baru-baru ini mengumumkan diakhirinya status perdagangan khusus Hong Kong.

Anggota parlemen juga ingin bertanya tentang ketegangan dengan Iran yang meningkat akibat latihan militer di Teluk. Isu terbaru adalah rencana penarik sekitar 12 ribu tentara dari Jerman sebagai akibat dari perseteruan lama Presiden Donald Trump dengan sekutu NATO.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement