Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Cerita Alumnus UMM Berpetualang ke Berbagai Negara

Kamis 30 Jul 2020 21:01 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih

Anggita Elmawinda

Anggita Elmawinda

Foto: umm
Aktif menyambangi corner yang dimiliki UMM membuat Elma mendapat banyak kesempatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Anggita Elmawinda mempunyai cita-cita keliling dunia sejak lama. Perempuan yang menjabat sebagai Social Media and Marketing Manager e-commerce business platform Harvest di Melbourne ini sangat suka bertualang.

Untuk merealisasikan mimpinya, perempuan kelahiran 1996 ini bekerja keras. Sejak kuliah ia tak segan terlibat dalam berbagai acara dan organisasi, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Baca Juga

"Mimpi tidak bisa dicapai dengan berleha-leha," kata perempuan yang disapa Elma ini.

Elma mengaku mempunyai karakter yang ambisius dalam memperjuangkan mimpinya. Ia akan berusaha berbagai cara selagi halal untuk menggapai mimpinya. Buktinya, ia pernah rela berjualan demi mendukungnya cita-citanya.

Untuk mendekati cita-citanya, Elma menghabiskan waktu di kampus dan terlibat di banyak kegiatan. Sebut saja di kegiatan Learning Express Program (Lex) Singapore dan AIESEC. Kemudian Lomba-lomba Public Relation, Kepanitian acara dengan TV swasta naional, Komunikasi Beraksi (Komaksi), International Gathering Dharmasiswa , Film Festival dan FISIP Dance.

Elma yakin dengan banyak pengalaman kegiatan dan jaringan akan memberikan pengaruh baik. "Dan Alhamdulillah, semua pekerjaanku dapatnya enggak susah-susah banget. Semua datangnya dari networking," katanya dalam pesan resmi yang diterima Republika.co.id, Kamis (30/7).

Karir internasional Elma dimulai dari kegemarannya menyambangi corner-corner yang dimiliki UMM. Dari sana, ia mendapat informasi berbagai kegiatan hingga peluang karir internasional. Bahkan, dia bisa mengembangkan dirinya lebih baik dari fasilitas-fasilitas tersebut.

Iklim internasional telah mengantarkan Elman pada mimpi untuk keliling dunia. Saat tengah menepuh tugas akhir, ia mendapat peluang untuk bergabung sebagai National Director of Brand Customer Experience Facebook and AIESEC Cambodia 1819. Dengan kesungguhannya, ia mampu lulus lalu bekerja di Kamboja.

Berhasil mendapat pekerjaan di tempat yang bergengsi di luar negeri tak menghentikan mimpi gadis yang hobi jalan-jalan dan menari ini. Di akhir masa kontraknya dengan AIESEC dan Facebook, ia ditawari bergabung sebagai Staff Assistant Intern at Consuler & Protocol of Consulate General of The Republic of Indonesia Melbourne. Jiwa petualangannya semakin hidup sehingga membuatnya sangat bersemangat menjalani pekerjaan barunya.

Terus melakukan yang terbaik, dia kembali mendapat tawaran yang lebih menantang. Sebuah e-commerce di Melbourne meminangnya sebagai Social Media and Marketing Manager.

"Aku bersyukur diberi kepercayaan ini apalagi sebagai manajer yang boleh mengatur apapun. Gaji yang ditawarkan juga sesuai. Saat ini aku mengatur segalanya, apapun, mulai dari mengumpulkan vendor, mentain website hingga training sales. Semua dipelajari secara otodidak," kata dia.

Di akhir cerita, Elma mendorong masyarakat untuk tidak takut mengambil risiko lalu menjalaninya sebaik mungkin. "Jangan lupa, work hard, dream hard,” ucap Elma.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA