Kamis 30 Jul 2020 19:53 WIB

Wapres Salurkan Qurban ke Istiqlal dan Pesantren

Penyerahan hewan qurban oleh Wapres tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Rep: Fauziah Mursyid/ Red: A.Syalaby Ichsan
Wakil Presiden Ma
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyalurkan hewan qurban ke dua tempat untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha, Jumat (31/7) esok. Dua hewan qurban berupa sapi itu disalurkan ke Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara di Serang, Banten dan Masjid Istiqlal Jakarta.

Rencananya, Wapres Ma'ruf  menyerahkan langsung hewan kurban berupa sapi limousin dengan berat 878 kg ke Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara di Serang, Banten, seusai Shalat Idul Adha di rumah dinas Wapres.

"(Usai shalat Id), selanjutnya, Wapres akan beranjak ke Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi Tanara di Serang, Banten untuk melaksanakan qurban," ujar Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Rusmin Nuryadin dalam siaran pers, Kamis (30/7).

Namun demikian, penyerahan hewan qurban oleh Wapres ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Usai penyerahan, Ma'ruf diagendakan kembali ke Jakarta untuk menunaikan shalat Jumat di rumah dinas.

 

Selain Ponpes An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Ma'ruf juga melaksanakan kurban di Masjid Istiqlal berupa sapi yang berjenis Peranakan Ongole (PO) dengan bobot 936 kg.  Hewan kurban tersebut telah diserahkan pada Kamis (31/7) pagi tadi oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden, Guntur Iman Nefianto kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

"Sapi kurban tersebut lalu diserahkan kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar untuk selanjutnya dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha," kata dia.

Pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah di tengah pandemi Covid-19, Kiai Ma'ruf melaksanakan sholat Idul Adha bersama keluarga dan perangkat di pendopo rumah dinas Wapres, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Jumat (31/7) esok pagi. 

Adanya pandemi Covid-19, membuat pelaksanaan Shalat Id di rumah dinas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam kesempatan itu, Wapres Ma'ruf akan bertindak sebagai imam salat dan khatib Shalat Id. "Dengan didampingi Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin dan perangkat yang melekat, shalat Idul Adha akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Rusmin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement