Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

6 Amalan Penunjang di Hari Raya Qurban yang Sarat Pahala

Kamis 30 Jul 2020 18:02 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat amalan-amalan penunjang untuk ibadah Hari Raya Qurban Idul Adha (ilustrasi)

Terdapat amalan-amalan penunjang untuk ibadah Hari Raya Qurban Idul Adha (ilustrasi)

Foto: blogs.sacbee.com
Terdapat amalan-amalan penunjang untuk ibadah Hari Raya Qurban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha 2020. Selain qurban ada sejumlah amalan sunnah lainnya yang sayang jika di lewatkan.  

Baca Juga

Dosen STID DI Al Hikmah Jakarta, KH Hermansyah, mengatakan di antara amalan itu di antaranya, membaca takbir, mandi sebelum sholat Idul Adha, memakai wangi-wangian, dan memakai pakaian yang paling baik. "Berjalan kaki ke masjid atau tempat sholat Idul Adha dan makan setelah sholat Idul Adha," katanya. 

1. Dalam nembaca takbir bisa dilakukan pada malam hari raya Idul Adha, sejak mulai tenggelamnya matahari hingga sebelum seorang imam melaksanakan sholat Id naik ke mimbar untuk memulai khutbah sholat Ied. Umat Islam juga disunahkan untuk mengumandangkan takbir setelah sholat Idul Adha hingga saat waktu ashar pada tanggal 13 Dzulhijjah alias hari akhir untuk tasyriq.  

2. Mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Adha juga disunahkan. Waktu yang disunnahkan untuk mandi adalah pada dini hari sebelum subuh, atau setelah sholat subuh pada 10 Dzulhijah. Namun, yang lebih utama adalah mandi sesudah subuh di hari Idul Adha agar badan dalam kondisi bersih dan segar sebelum berangkat menunaikan sholat Id.  

"Sahabat Nabi ‘Ali bin Abi Thalib serta Abdullah bin Umar diceritakan sudah membiasakan diri untuk mandi sebelum melakukan sholat Id. Bahkan, kesunnahan mandinya sama dengan ketika mandi sebelum sholat Jumat," katanya.

3. Amalan sunnah selanjutnya adalah memakai wangi-wangian, memotong rambut, memotong kuku, serta menghilangkan bau tidak sedap. Hal ini dilakukan demi mendapatkankeutamaan pada hari raya Idul Adha.     

4. Memakai pakaian yang paling baik, bersih sekaligus suci sangat dianjurkan pada saat Idul Adha. Namun, pakaian yang bersih dan suci juga.  

5. Berjalan kaki ke masjid atau tempat sholat Idul Adha Saat berangkat ke masjid atau tempat untuk melaksanakan sholat Idul Adha, sebaiknya dilakukan dengan cara berjalan kaki. Sedangkan bagi orang yang tidak mampu atau sudah berusia lanjut, bisa menggunakan kendaraan untuk menuju ke tempat sholat Idul Adha.                                            

6. Makan setelah sholat Idul Adha Perihal sunah makan, terdapat perbedaan antara Idul Fitri dan Idul Adha. Pada saat hari raya Idul Fitri, disunahkan untuk makan sebelum menyelenggarakan sholat Ied.

"Sementara ketika hari raya Idul Adha, kesunnahannya adalah makan setelah selesai melaksanakan sholat Id," katanya. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA