Kamis 30 Jul 2020 16:42 WIB

Tagihan Gas dan Listrik Elton John Nyaris Rp 1 M Setahun

Total tagihan Elton John hanya kalah dari kediaman utama Ratu Elizabeth.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Rumah Elton John yang juga memiliki bioskop dan kolam renang diketahui menghabiskan tagihan gas dan listrik 49 ribu poundsterling dalam setahun (Foto: Elton John)
Foto: EPA
Rumah Elton John yang juga memiliki bioskop dan kolam renang diketahui menghabiskan tagihan gas dan listrik 49 ribu poundsterling dalam setahun (Foto: Elton John)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menempati mansion mewah dengan delapan kamar tidur tentu punya konsekuensi biaya tagihan yang tidak sedikit. Hal tersebut dialami oleh musisi Inggris Elton John, yang memiliki jumlah tagihan gas dan listrik yang bombastis.

Rumah John yang juga memiliki bioskop dan kolam renang diketahui menghabiskan tagihan gas dan listrik 49 ribu poundsterling dalam setahun (setara Rp 924 juta). Jumlah tersebut sekitar 43 kali tagihan warga biasa di Inggris.

Baca Juga

Besaran tagihan rumah pelantun lagu "Rocketman" hanya kalah oleh Ratu Elizabeth. Berdasarkan estimasi tagihan gas dan listrik di situs Uswitch.com, tempat tinggal utama sang ratu menghabiskan biaya tagihan 23 kali rumah John.

Dalam setahun, tagihan gas dan listrik di Istana Buckingham kira-kira sebesar 1,13 juta poundsterling (setara Rp 21,54 miliar). Tidak heran karena istana memiliki 240 kamar tidur dan 40 ribu bola lampu sebagai penerangan.

Pakar energi di Uswitch, Sarah Broomfield, berseloroh jika kita pusing melihat tagihan, ingatlah berapa tagihan gas dan listrik yang harus dibayar Elton John. Situs juga membuat komparasi tagihan gas dan listrik dari para selebritas lain.

"Untungnya, mayoritas selebritas ini tidak punya kekhawatiran soal bagaimana membayar tagihan. Akan tetapi, entah selebritas atau bukan, selalu ada manfaat baik untuk mengurangi jumlah energi yang digunakan," ujar Broomfield.

Dia menyampaikan beberapa cara sederhana, seperti mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan dan menurunkan suhu di pemanas saat tak digunakan. Saran lain, yakni metode switching tariff untuk menghemat pengeluaran.

"Jika Anda saat ini dikenakan tarif variabel standar, dengan switching Anda bisa menghemat sampai 479 poundsterling dalam setahun, sila melakukan pencarian daring dan bandingkan sejumlah penawaran yang ada di sana," kata dia.

Nama lain yang muncul dalam daftar adalah penyanyi Robbie Williams. Rumah dengan 10 kamar tidur yang dia tempati di Holland Park, London Barat, membuatnya harus membayar tagihan 33.133 poundsterling (Rp 625,15 juta) dalam setahun.

Chef televisi Jamie Oliver diprediksi membayar tagihan tahunan 32.875 poundsterling (Rp 626,79 juta). Jumlah tagihan yang besar juga dibayar Ed Sheeran untuk rumahnya di Suffolk, yakni sebesar 21.418 poundsterling (Rp 404,2 juta).

Daftar juga mencantumkan George Clooney (20.548 poundsterling) dan eksekutif musik Simon Cowell (15.890 poundsterling). Nama lain yaitu Jamie Oliver (32.875 poundsterling) dan "Naked Chef" Jamie Oliver 32.875 (poundsterling).

"Beberapa rumah mewah terbesar milik deretan sosok terkenal di Inggris menelan biaya puluhan ribu dalam tagihan energi setiap tahun," ungkap seorang juru bicara Uswitch, dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (30/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement