Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Melek Investasi: Simak Beda Investasi Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito

Kamis 30 Jul 2020 16:12 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Biar gak salah lagi, sebaiknya simak perbedaan saham, reksadana, SBR, ORI, deposito

Sekarang ini sudah semakin banyak orang yang melek finansial baik dari kalangan orang dewasa hingga anak muda sekalipun. Selain, menggunakan uang dengan bijak dan menabung, kebanyakan dari mereka ada yang sudah jadi investor handal dan ada juga yang masih belajar investasi.

Investor handal tentunya tidak perlu diragukan lagi, sebab pastinya sudah paham dengan berbagai hal dari setiap jenis investasi. Mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangan tiap-tiap investasi dan sebagainya.

Namun, tidak bagi orang awam yang baru mau terjun di dunia investasi. Sering kali, mereka bingung harus memilih jenis investasi yang seperti apa. Bahkan, masih banyak orang yang menyalah artikan beberapa jenis investasi.

Investasi properti dan emas sudah sangat jelas, tapi biasanya jenis investasi yang sering membuat calon investor keliru adalah Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito. Padahal, dari kelima investasi tersebut mudah dibedakan berdasarkan sifat, tenor, kupon atau bunga, dividen, perdagangan di pasar sekunder, potensi capital gain dan jaminan pemerintah.

Bagi Anda yang baru saja ingin terjun di dunia investasi, sebaiknya pahami perbedaan dari masing-masing jenis investasi Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito. terlebih dahulu agar lebih mudah menentukan jenis investasi apa yang akan dipilih.

Simak informasi lengkapnya pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

 

Pengertian Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito

investasi

1. Saham

Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti anda telah memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Maka dari itu, Anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan.

Terdapat dua jenis saham, yaitu berdasarkan hak tagih dan cara peralihannya, antara lain:

Hak tagih:

  • Saham biasa (Common Stock)
  • Sham preferen (Preferred Stock)

Cara Peralihan:

  • Saham atas unjuk (Bearer Stocks)
  • Saham atas nama (Registered Stocks)

2. Reksa Dana

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksa dana memiliki empat jenis produk, yaitu:

  • Reksa dana Saham
  • Reksa dana Pendapatan Tetap
  • Reksa dana Campuran
  • Reksa dana Pasar Uang

3. SBR

SBR atau Saving Bond Ritel adalah salah satu alternatif investasi untuk Warga Negara Indonesia yang menawarkan imbalan berupa kupon (bunga). SBR pun diterbitkan oleh pemerintah guna membantu membiayai anggaran negara.

4. ORI

Obligasi Negara Ritel atau Obligasi Ritel Indonesia (ORI) adalah Obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Agen Penjual dengan volume minimum yang telah ditentukan.

Baca Juga: Jangan Takut Investasi Kala Virus Corona Merebak, Ini Tipsnya

5. Deposito

Deposito adalah investasi sederhana dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap dengan jangka waktu tertentu. Sebagai ganti dari tingkat bunga yang tinggi, dalam jangka waktu tersebut pemilik deposito sepakat untuk tidak menarik atau mengakses uangnya yang didepositokan.

Deposito tidak hanya dapat disimpan dalam bentuk rupiah, tapi juga bisa valas (Valuta Asing) atau dikenal dengan nama deposito valas. Jangka waktu yang ditawarkan oleh bank bervariasi, dari mulai 1, 3, 5, 12, atau 24 bulan.  Masing-masing bank menawarkan suku bunga yang kompetitif.

Deposito juga terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Deposito Berjangka
  • Deposito Automatic Rol Over
  • Sertifikat Deposito
  • Deposito On Call

Baca Juga: Jenis Reksa Dana dengan Tingkat Risiko Rendah ini Cocok untuk Investasi di Tengah Pandemi

Perbedaan Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito

perkembangan investasi

Agar calon investor lebih mudah ingat perbedaan antara Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito, berikut tabel perbedaan berdasarkan sifat, tenor, kupon atau bunga, dividen, perdagangan di pasar sekunder, potensi capital gain dan jaminan pemerintah.

Perbedaan

Saham

Reksa Dana

Deposito

ORI

SBR

Sifat Instrumen

Penyertaan terhadap perusahaan

Portofolio efek

Tabungan

Surat Berharga Negara (pernyataan surat utang)

Surat Berharga Negara (pernyataan surat utang)

Tenor (jatuh tempo)

Tidak ada

Tidak ada

3, 6, 12 bulan

3 tahun

2 tahun

Kupon/bunga

Tidak ada

Tidak ada

Bunga deposito, bisa berubah tiap saat

Tetap, dibayar tiap bulan

Floating with floor, dibayar tiap bulan

Dividen

Ada

Ada, jenis tertentu

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Perdagangan di pasar sekunder

Bisa diperdagangkan

Bisa diperdagangkan

Tidak bisa, kecuali kena denda

Bisa diperdagangkan

Tidak bisa, tapo ada opsi early redemption gratis

Potensi Capital Gain

Ada

Ada

Tidak ada

Ada

Tidak ada

Jaminan Pemerintah

Tidak ada

Tidak ada

Maksimal Rp2 miliar

Ada 100%

Ada 100%

Pahami dan Pilih Jenis Investasi yang Tepat

Rugi dalam berinvestasi bukan hanya dikarenakan perkembangan investasi menurun saja, tapi kerugian juga bisa dating karena investor tidak memahami dari jenis investasi yang dipilih. Untuk itu, agar hal ini tidak terjadi, Anda pahami terlebih dahulu dari tiap-tiap investasi, mulai dari pengertian, kekurangan, kelebihan dan sebagainya.

Anda bisa mempelajari investasi dengan mudah lewat online atau tak ada salahnya juga belajar langsung dengan orang sekitar Anda yang sudah berpengalaman di dunia investasi. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis investasi yang tepat, sehingga keuntungan berkali-kali lipat bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Imbas Corona di Pasar Saham, Cek Deretan Saham yang Potensi Cuan Terus

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA