Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Kampus UBSI Bogor Gelar Webinar Accounting Software for UMKM

Kamis 30 Jul 2020 14:04 WIB

Red: Irwan Kelana

Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Kampus UBSI  Bogor menggelar webinar Accounting Software for UMKM.

Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Kampus UBSI Bogor menggelar webinar Accounting Software for UMKM.

Foto: Dok UBSI
Software akuntansi memudahkan urusan bisnis UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Bogor menyelenggarakan seminar secara daring, yakni webinar Accounting Software for UMKM yang didukung oleh PT  Indosat Ooredoo Bogor, Senin (27/7).

Webinar Accounting Software for UMKM ini diisi oleh Sri Wasiyanti selaku ketua Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi Kampus UBSI Bogor.

“Webinar ini diadakan dalam rangka meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM dalam bidang software akuntansi dan guna memudahkan pengelolaan keuangan usaha bisnis yang dimiliki,” kata Sri Wasiyanti dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dalam webinar ini ia menjelaskan  tentang  accounting software. Contohnya,  ABSS (MYOB), Zahir, dan Accurate. 

“Accounting software itu  merupakan sebuah program aplikasi yang dirancang secara khusus untuk mempermudah pekerjaan para akuntan dalam pencatatan transaksi usaha yang sama dengan apa yang dilakukan secara manual,” tutur Sri.

Ia menambahkan, bukan tidak mungkin, para UMKM itu tmenemukan sebuah kendala pada saat penggunaan accounting software. Selain itu, modal atau manajemen administrasi, bisa menjadi salah satu kendala bagi para UMKM ini.

“Entah itu harga software yang lumayan mahal, atau bisa saja kendala pada pengguna yang tidak memahami cara penggunaan software tersebut,” pungkasnya.

Ia pun menjelaskan bahwa Accounting software rata-rata sangat user friendly yakni memang disediakan untuk para pemula. Para UMKM dapat langsung menggunakan accounting software tanpa harus paham sisi akuntansi terlebih dahulu.

Ia juga memberikan tips untuk para pelaku UMKM. Yakni,  pilihlah software akuntansi yang sesuai dengan jenis usahanya, lalu lakukanlah sharing kepada UMKM yang telah menggunakan software akuntansi. Gunakan fasilitas trial dari software akuntansi dan sesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

“Diharapkan para UMKM memiliki pengetahuan tentang software akuntansi agar dapat digunakan sebagai media dalam mengelola keuangan usahanya,” tutup Sri.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA