Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Kopi Terasa Pahit? Coba Tambahkan Garam

Kamis 30 Jul 2020 13:27 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Garam bisa membuat citarasa kopi hitam lebih nikmat menurut pakar (Foto: ilustrasi kopi)

Garam bisa membuat citarasa kopi hitam lebih nikmat menurut pakar (Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Needpix
Garam bisa membuat citarasa kopi hitam lebih nikmat menurut pakar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sebagian pecinta kopi mungkin belum pernah menambahkan garam pada kopinya. Padahal itu menjadi trik sederhana, untuk membuat citarasa kopi yang tadinya terlalu pahit menjadi lebih enak.

Baca Juga

Ahli kopi asal Inggris James Hoffman, mengatakan bahwa menambahkan sedikit garam sangat mungkin membuat citarasa kopi semakin nikmat. Garam merupakan salah satu dari lima rasa dasar, selain asam, manis, pahit, dan umami.

Kelima rasa ini bisa mengikat sebagian besar pengecap rasa lidah yang dapat mendeteksi rasa pahit. Artinya rasa asin dari garam dapat memperkuat rasa manis dan juga mengurangi kepahitan. Namun jika kopi diseduh dengan benar dan berkualitas baik, mungkin Anda tidak perlu menambahkan garam ke cangkir kopi Anda.

“Salah satu kesenangan dari kopi adalah ketika rasanya enak, ia memiliki rasa pahit yang tepat, seperti bir atau cokelat. Beberapa kepahitan sangat menyenangkan ketika diimbangi dengan rasa manis dan keasaman. Secara keseluruhan, ini adalah hal yang kompleks dan menyenangkan," kata Hoffmann seperti dilansir dari Mens Health, Kamis (30/7).

Karenanya menurut Hoffmann, garam bisa dipertimbangkan sebagai komponen tambahan kopi selain susu, krim atau gula. Namun jika ditanya takaran ideal berapa, Hoffmann menjelaskan bahwa takarannya tidak tentu dan bergantung pada selera masing-masing. 

"Kita semua memiliki ambang batas pahit yang berbeda, jadi menambahkan garam pada kopi tergantung selera seperti menambahkan gula atau krim," kata dia.

Dalam unggahan video di chanel YouTubenya, Hoffman melakukan uji coba sendiri. Ia menggunakan kopi yang diekstraksi secara berlebihan untuk kemudian ditambahkan garam. Sebelum ditambahkan garam, rasanya sangat kuat dan pahit.

Ia kemudian menambahkan 0,1 gram garam dalam 200 mililiter kopi. Hasilnya menurut dia, terasa lebih baik namun terasa asin. Kemudian dia mencoba 0,3 gram garam dalam 200 mililiter kopi. Dia menilai itu lebih baik, tetapi tidak sempurna. Jadi dia memutuskan untuk melakukannya lebih banyak dengan 0,6 gram.

"Sebenarnya itu cukup ajaib," katanya tentang penambahan garam. Hoffmann mengatakan garam meningkatkan kepahitan dan citarasa kopi, meskipun rasa yang tidak mengesankan tetap ada.

Untuk menambahkan garam ke dalam kopi, Hoffmann merekomendasikan untuk melarutkan garam daripada menambahkan garam langsung. Takarannya, 20 persen garam larutkan dengan 80 persen air. Dengan begitu Anda bisa mengukurnya dengan lebih akurat, dan mendapatkan cangkir kopi sempurna tanpa membuatnya terlalu asin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA